Pada tanggal 21 Juli 2018 Al Hasanah Qualitan Training Center (AQUATIC) menyelenggarakan pelatihan bercerita dan mendongeng untuk para guru. Bertempat di gedung SMPI Al Hasanah, pelatihan ini diikuti oleh 20 orang guru PAUD IT Al Hasanah, 45 orang guru SDIT Al Hasanah dan guru SMPI Al Hasanah sebanyak 13 orang. Pelaksanaan pelatihan ini sebagai bentuk komitmen Yayasan Al Hasanah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan tenaga pendidik di lingkungan Al Hasanah.

Dalam pelatihan ini AQUATIC berkerjasama dengan Media Dongeng Indonesia (MDI) sebagai narasumbernya. Para peserta diajarkan teknik bercerita dan mendongeng. Mendongeng merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat efektif dalam penyampaian materi pembelajaran agar terserap oleh para siswa secara maksimal. Dengan media mendongeng, anak diajak untuk berimajinasi sambil meraup berjuta pengalaman baru. Suasana yang menyenangkan dan mengasyikkan selama kegiatan belajar membuat para siswa jauh dari rasa terpaksa, takut dan tertekan. Selain itu, dengan mendongeng akan terjalin komunikasi dan kedekatan emosional antar guru dan anak didiknya.

Manfaat dari pelatihan ini selain tahu bagaimana belajar bercerita dan mendongeng, juga diharapkan para murid mampu belajar nilai-nilai melalui karakter yang ada pada suatu dongeng tersebut. Nilai-nilai itu berupa kejujuran, rendah hati, rasa empati, juga sikap tolong menolong.

Dari pihak MDI, kerjasama pelatihan ini sebagai salah satu sarana untuk mengumpulkan donasi guna membantu meringankan umat Islam di Palestina. Alhamdulillah, donasi yang dikumpulkan oleh Unit Pengelola Zakat (UPZ) Al Hasanah mencapai Rp 34.237.600,- . UPZ Al Hasanah menyerahkan donasi tersebut ke perwakilan MDI Bengkulu.

Semoga dengan diadakannya pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang besar terutama dalam membantu warga Palestina dan para guru mmendapat manfaat melalui ilmu bagaimana bercerita dan mendongeng. Aamiin ya rabbal ‘aalamiin.