Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, alhamdulillah, Yayasan Al Hasanah Bengkulu sukses menggelar program khataman dan imtihan yang berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 13 – 14 Mei 2017 yang lalu. Kegiatan yang dipusatkan di masing-masing tpq unit pendidikan tersebut, yaitu Ponpes Al Hasanah, SDIT Al Hasanah dan PAUD IT Al Hasanah, dihadiri langsung tim Koordinator Qiroati Cabang Surabaya yang diamanati Kota Bengkulu, Sekretaris Yayasan Al Hasanah Yusran Hasymi, Pimpinan Ponpes Al Hasanah Irham Hasymi, Camat Selebar Syaiful Anwar, S.Sos, wali santri, pengurus dan staf pengajar di lingkungan Al Hasanah Bengkulu.

Program khataman dan imtihan adalah bentuk tanggung jawab lembaga atas pelaksanaan kegiatan pembelajaran Al Qur’an dengan metode qiroati. TPQ Al Hasanah unit Ponpes Al Hasanah, SDIT Al Hasanah dan PAUD IT Al Hasanah memberikan laporan langsung bukti hasil kegiatan belajar mengajar metode qiraati di hadapan wali santri dan para tamu undangan. Para santri peserta kegiatan ini  mengkhatamkan / menuntaskan pembelajaran Al Qur’an dan memperlihatkan kepiawaiannya dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari wali santri dan undangan seputar materi pembelajaran Al Qur’an dengan metode qiraati, diantaranya tartil (kelancaran), fashohah (kefasihan), gharib (cara membaca ayat-ayat tertentu dalam Al Qur’an yang mempunyai hukum bacaan secara khusus) , tajwid (hukum bacaan dalam Al Qur’an) serta hafalan doa-doa.

 

Acara ini diawali dengan dengan melakukan kirab pada pukul 07.00 WIB di sekitar lingkungan sekolah masing-masing. Para santri peserta khataman imtihan, wali santri, pengurus yayasan dan staf pengajar berjalan bersama-sama yang diiringi oleh lantunan sholawat. Setelah melakukan kiraban, acara dilanjutkan dengan khataman. Para santri membacakan surah dari Ad-Dhuha hingga An-Naas. Para tamu undangan menyimak dengan seksama. Selanjutnya, para santri menunjukkan pembelajaran gharib. Setiap ayat yang dibaca, mereka menguraikan hukum bacaan yang terdapat dalam ayat tersebut serta disebutkan lengkap dengan ayat, surah dan juznya. Kegiatan langsung dilanjutkan dengan imtihan setelah prosesi khataman selesai. Imtihan adalah uji publik. Para wali santri dan tamu undangan diberikan kesempatan untuk mengetes mereka terkait bacaan Al Qur’an.

Alhamdulillah, berkat latihan dan persiapan yang matang dengan bimbingan dari para ustadz dan ustadzah qiroati yang ikhlas dan prosefional, para santri berhasil melalui tahapan demi tahapan dengan baik. Seluruh hadirin terharu bahagia dan kagum dengan kemampuan para peserta dalam menguasai materi-materi Al Qur’an di usia mereka yang masih belia dan remaja.

Berikut daftar nama santri yang dinyatakan lulus pendidikan dasar Al Qur’an metode qiraati :

A. TPQ SDIT Al Hasanah

Peserta dari TPQ unit SDIT Al Hasanah yang mengikuti kegiatan khataman imtihan perdana berasal dari SDIT Al Hasanah. Belajar Al Qur’an dengan metode qiraati merupakan salah satu pelajaran yang mereka peroleh di SDIT Al Hasanah (pagi hari). Usia mereka antara 8 tahun hingga 9 tahun.

  1. Aqila Asma Sofia
  2. Fathiyah Nadhirah
  3. M. Zaky Sandi Abdillah
  4. Mutia Asma Arifa
  5. Nabila Shafa Virgita
  6. Nadya Galuh Paramitha
  7. Nur Assyifa
  8. Sabika Kansa
  9. Zulfa Sholeha Muthmainnah

B. TPQ PAUD IT Al Hasanah

Peserta TPQ PAUD IT Al Hasanah yang mengikuti acara ini berasal dari siswa di luar lingkungan Yayasan Al Hasanah, diantaranya SDN, MTsN dan MIN, yaitu :

  1. Quinnita Marliananda 14 tahun
  2. Dzakirah Dwike Marliananda 9 tahun
  3. M. Hafizur Ridho 11 tahun
  4. Cyntia Caroline usia 12 tahun
  5. Anindia Syakita 13 tahun
  6. Ahmad Daffa 13 tahun
C. TPQ Ponpes Al Hasanah

TPQ unit Ponpes Al Hasanah berhasil mengikutkan peserta sebanyak 50 orang santri, yang terdiri dari 29 santri MA Al Hasanah dan 21 santri MTs Al Hasanah. Usia mereka mulai dari 16 tahun hingga 19 tahun.

santri-ponpes-alhasanah-benteng-lulus-tashih-periode-februari-2017

Sekretaris Yayasan Al Hasanah berharap ke depannya jumlah anak didik peserta khataman dan imtihah semakin bertambah dan kualitasnya juga semakin meningkat. Kepada semua pihak yang turut serta menyukseskan event akbar ini, kami ucapkan jazakmullaah khairu jaza. Semoga barokah untuk semua. Aamiin