Alhamdulillah Kantin Sehat SDIT Al Hasanah dan MA Al Hasanah berhasil meraih Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan Kantin Sekolah (PBKPKS) Tahun 2019 dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bengkulu, Senin (25/11). Piagam diserahkan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu, Dedy Ermansyah kepada pihak sekolah, yaitu Ustadz Ishack Waka Humas SDIT Al Hasanah dan Ustadz deri Fachri Kepala MA Al Hasanah.

Kantin Sehat Al Hasanah yang berlokasi di SDIT Al Hasanah menyuplai konsumsi untuk siswa PAUD IT, SDIT dan SMPI Al Hasanah. Sementara itu yang berlokasi di MA Al Hasanah menyediakan makanan dan jajanan untuk para santri MTs, MA dan Pondok Pesantren Al Hasanah Bengkulu Tengah.

PBKPKS merupakan salah satu bentuk apresiasi yang diberikan oleh BPOM kepada sekolah dan kantin sekolah yang menerapkan prinsip-prinsip dasar keamanan pangan terutama terkait higienis pengolah pangan, penanganan dan penyimpanan pangan, pengendalian hama, sanitasi tempat dan peralatan. Sebagai kegiatan lanjutan dari PBKPKS ini SDIT Al Hasanah dan MA Al Hasanah mengikuti Workshop Monitoring dan Evaluasi Pangan Jajanan Anak Sekolah dari BPOM yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Bengkulu.

Yayasan Al Hasanah sangat peduli dengan keamanan dan kesehatan jajanan anak. Oleh sebab itu, kantin sekolah menerapkan prinsip dasar keamanan pangan yang meliputi jaminan kehalalan produk, bergizi dan higienis. Dalam pengolahannya, kantin sehat Al Hasanah menggunakan bahan baku yang bersih, segar dan zero stock. Selain itu, kantin sehat Al Hasanah tidak menggunakan minyak goreng curah, pewarna kimia dan bahan-bahan berbahaya. Untuk memberikan rasa yang lezat, digunakan aneka rempah-rempah tradisional. Dari sarana prasarana kantin, maupun kebiasaan para penjual dan pembeli di kantin yang harus menerapkan kebiasaan sanitasi dan kebersihan yang sesuai standar.