Alhamdulillah, peringatan hari besar Islam 1 Muharram 1438 H dan Milad Al Hasanah ke-28 Ahad, 2 Oktober 2016 berlangsung dengan penuh semangat dan keceriaan. Dengan mengusung tema “Melalui Kegiatan Gebyar Muharram 1438 H Kita Tumbuhkan Nilai Islamiyah untuk Membentuk Muslim Berbudi Luhur dan Berjiwa Sosial”, kegiatan dipusatkan di lingkungan SDIT dan SMPI Al Hasanah Pagar Dewa Bengkulu mulai pukul 06.30 WIB s.d 12.00 WIB. Dipelopori oleh Dewan Pembina Ibu Husainah Hasan, BA, Yayasan Al Hasanah rutin mengadakan agenda peringatan tahun baru Hijriyah tersebut sebagai ajang menyebarkan syiar dan dakwah islamiyah yang kini sudah mulai terlupakan, sehingga tanggal 1 Muharram terasa seperti hari libur biasa-biasa saja.

gebyar-muharram-1438H-milad-alhasanah-ke-28-bengkulu

Untuk menyemarakkan gema Muharram dan milad Al Hasanah tahun ini, Yayasan Al Hasanah melaksanakan jalan sehat dan pasar murah. Jalan sehat diikuti oleh pegawai Al Hasanah beserta keluarga, santri PAUD IT  hingga PONDOK PESANTREN, wali santri dan para tamu undangan dengan jumlah peserta sekitar 1.700 orang. Jalan sehat dimulai pukul 07.00 WIB dengan rute SMPI Al Hasanah – RE Martadinata Raya – Pagar Dewa – PAUD IT Al Hasanah – pp. Peserta dilepas oleh Sekretaris Eksekutif Yayasan Al Hasanah, Bapak Yusran Hasymi dan Ketua Komite SDIT Al Hasanah Bapak Jonsi.

pentas-seni-nasyid-beat-box-smpi-alhasanah-dan-tari-persembahan-sdit-alhasanah

Setelah kembali dari jalan sehat, setiap peserta mendapatkan nasi uduk dan minuman yang disediakan oleh Hasanah Catering. Sambil menikmati makanan, peserta disuguhkan atraksi pentas seni dari santri-santri Al Hasanah. Anak-anak PAUD IT Al Hasanah, dengan lucu dan menggemaskan menampilkan tari pinguin, tari tek kotek kotek dan menyanyikan lagu Ka’bah. Kakak-kakaknya, dari SMPI Al Hasanah dan Pondok Pesantren Al Hasanah menyajikan nasyid yang disertai keterampilan beat boxnya. Santri SDIT Al Hasanah tidak mau ketinggalan. Mereka dengan semangatnya menunjukkan keterampilan menabuh dol. Penampilan para santri Al Hasanah berhasil membius para penonton.

pentas-seni-tari-tek-kotek-kotek-paudit-alhasanah

 

pentas-seni-musik-dol-dan-nasyid-beat-box-sdit-alhasanah-dan-ponpes-alhasanah

Acara inti dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Asma Nabila dari SMPI dan sari tilawah oleh Sofia dari SDIT, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua panitia Ustadz Sumaryadi. Beliau mengucapkan terima kasih atas dukungan moril dan materil dari semua pihak demi kesuksesan kegiatan ini. Bapak Yusran Hasymi, mewakili ketua Yayasan Al Hasanah, dalam sambutannya memberikan motivasi para santri untuk selalu semangat dan berjuang keras dalam meraih masa depan yang cerah dan gemilang. Tausiyah disampaikan oleh Ustadz Irham Hasymi. Beliau mengajak dan mengingatkan agar sebagai hamba Allah SWT memperhatikan terus kualitas ibadah sebagai bekal di kehidupan abadi kelak.

gebyar-muharram-milad-alhasanah

pasar-murah-bazaar-gebyar-muharram-1438H-milad-alhasanah-ke-28

Bazaar pasar murah diikuti oleh masyarakat yang kurang mampu di lingkungan Al Hasanah. Panitia menyediakan sebanyak 215 paket sembako, yang berisi beras 2kg, minyak goreng 2 lt, susu kental manis 2 kaleng, sarden besar 1 kaleng, gula 1 kg, bihun besar 1 bungkus dan tepung terigu 1 kg. Paket tersebut dibeli masyarakat hanya sebesar Rp 50.000,-. Hasil penjualan pasar murah tersebut, dananya diberikan kepada anak yatim piatu di sekitar lingkungan Al Hasanah.

doorprize-sepeda

Gebyar Muharram dan milad Al Hasanah semakin seru karena di akhir acara terdapat doorprize bagi para santri, wali santri maupun segenap guru dan karyawan Yayasan Al Hasanah. Panitia menyediakan 200 hadiah, diantaranya sepeda gunung, magicom, kompor gas, kipas angin dan sebagainya. Doorprize yang terkumpul berasal dari rekanan Al Hasanah, yaitu Erlangga, Yudhistira, Pertelon dan Does Production. Selain dari rekanan Al Hasanah, para wali santri juga tidak mau ketinggalan untuk berpartisipasi. Ada yang memberikan voucher gratis berenang sekeluarga selama 6 bulan, telur, beras, gelas cantik dan lain sebagainya.

guru-dan-karyawan-berprestasi-yayasan-alhasanah-2016

Yang tidak kalah menarik adalah pengumuman guru dan karyawan berprestasi dari masing-masing unit di lingkungan Al Hasanah. Tahun 2016 ini, dari unit SDIT, guru berprestasi diraih oleh Ustadzah Meria Sari dan Ustadzah Rita Puwandari sebagai karyawan berprestasi. Selanjutnya, Ibu Yuli Hayati guru PAUD IT, Ustadz Leo Andrianto dan Ustadzah Nurcahaya dari SMPI, Ustadzah Poniah karyawan PONPES serta Ustadzah Nova Hairani dari Hasanah Catering.

Semoga Gebyar Muharram 1438 H dan Milad Al Hasanah ke-28 ini barokah dan dapat memperkuat ukhuwah islamiyah demi terujudnya muslim yang taat pada Allah SWT. Aamiin. Kepada seluruh wali santri Al Hasanah, sponsor dan panitia yang telah bekerja keras, kami ucapkan jazakallah khairu jaza. Barakallah.