Yayasan Al Hasanah melalui Al Hasanah Qualitan Training Center (AQUATIC) menyelenggarakan workshop pendidikan adab dan literasi di lingkungan Al Hasanah pada tanggal 24-25 Desember 2018. Kegiatan rutin Al Hasanah kalii ini bertemakan “Meningkatkan Kualitas Pendidikan dengan Adab Islami”, workshop diadakan di Aula Al Hasanah lantai 3 PAUD IT Al Hasanah. Seluruh guru dan karyawan PAUD IT, SDIT, SMPI, Pondok Pesantren dan Unit Bisnis Al Hasanah yang berjumlah 182 orang mengikuti workshop ini.

Setelah membuka acara, pada kesempatan itu Ketua Yayasan Al Hasanah, Ustadz Yusran Hasymi, menceritakan sejarah Al Hasanah, dilanjutkan dengan penyampaian kode etik untuk seluruh guru dan karyawan Al Hasanah. Sebelum ishoma, Pimpinan Ponpes Al Hasanah, Ustadz Irham Hasymi, menyampaikan tausiyah mengenai sifat sebagai seorang Muslim yang wajib memegang teguh perjanjian yang telah dibuat, mampu menjaga amanah dan tidak berkhianat.

Pemateri untuk pendidikan adab kali ini adalah dari intern Al Hasanah, yaitu tim penyusun buku adab SDIT Al Hasanah. Dalam buku adab tersebut siswa diajarkan tata cara berkehidupan sehari-hari sesuai ajaran Islam. Buku tingkat dasar untuk siswa kelas 1-3 dan tingkat lanjut untuk siswa kelas 4-6. Contohnya, siswa kelas 6 diajarkan adab mengucapkan salam, adab takziyah, adab bepergian dan adab pergaulan sesama muslim.

Kegiatan workshop pada hari kedua dipandu oleh Manajer Pendidikan, Ustadzah Husni, dan Penjamin Mutu Ustadzah Penty. Masing-masing sekolah menyampaikan program literasi yang sudah berjalan dan perencanaan ke depan. Pemaparan program ini merupakan tindak lanjut dari workshop literasi pada awal semester satu TA. 2018/2019 yang lalu. Masing-masing unit antusias dalam mempresentasikan program literasi mereka. Di akhir pelaksanaan sesi, seluruh unit sekolah bertekad untuk menjalankan program 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) dan adab berbicara lemah lembut serta tidak berteriak.

Diharapkan dengan workshop ini, kualitas pendidikan Al Hasanah semakin meningkat dengan menjadikan adab dan karakter Islami yang mengandung nilai-nilai kesopanan, kejujuran, sikap rendah hati dan beretika, budaya di lingkungan Al Hasanah. Aamiin ya Rabb.