Yayasan Al Hasanah Bengkulu sangat concern dengan pendidikan Al Quran bagi calon-calon pemimpin masa depan khususnya generasi muda Islam Bengkulu. Untuk mewujudkan hal tersebut, sebagaimana tertuang dalam visi misi, maka Al Hasanah terus meningkatkan kualitas SDM dalam rangka peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran baca Al Quran dengan metode Qiraati di PAUD IT Al Hasanah, SDIT Al Hasanah, SMPI Al Hasanah dan Pondok Pesantren Al Hasanah (MTs dan MA Al Hasanah). Tidak hanya guru Quran, melainkan semua guru dan karyawan Al Hasanah juga wajib bisa baca Al Quran dengan metode Qiroati dan lulus tashih.

alhamdulillah-bertambah-11-orang-sdm-alhasanah-bersyahadah-qiraati-7Tashih Qiraati adalah tes/uji kemampuan membaca Al Quran dengan metode Qiraati. Keberadaan tashih ini sebagai salah satu syarat dalam mengajarkan ilmu baca Al Quran, agar dapat diketahui kualitas mereka dalam hal bacaan Al Quran. Sehingga diharapkan dapat mencegah atau meminimalkan kesalahan yang fatal dalam mengajarkan ilmu baca Al Quran khususnya dengan metode Qiroati.

Alhamdulillah, bertempat di gedung TPQ unit SDIT Al Hasanah kegiatan tashih Qiroati kembali dilaksanakan dengan penanggung jawab Al Quran Metode Qiraati (pentashih) dari Koordinator Qiroati Wilayah Surabaya yaitu Ustadz Mansur, Ustadz Dani, Ustadz Arifin dan Ustadz Ali Sodikin, ( Kamis, 15/3). Sebanyak 129 orang yang terdiri dari  24 orang dewasa dan 105 santri menjadi peserta tashih kali ini.  Peserta tashih dewasa berasal dari LPD Qiraati PAUD IT Al Hasanah, SDIT Al Hasanah, SMPI Al Hasanah dan Pondok Pesantren Al Hasanah. Dari 24 peserta LPD, alhamdulillah yang lulus tashih sebanyak 18 orang, termasuk 11 diantaranya dari guru dan karyawan Al Hasanah, yaitu :

  1. Romlawati (TKIT Al Hasanah)
  2. Susyanti (TPA Al Hasanah)
  3. Berta Septilova, S.Pd (SDIT Al Hasanah)
  4. Susnita Friliyana, S.Pd (SDIT Al Hasanah)
  5. Gustian Pelani, S.Pd (SMPI Al Hasanah)
  6. Riantika, S.Si (SMPI Al Hasanah)
  7. Rosmi (SMPI Al Hasanah)
  8. Dwi Anjayani, S.Pd (Pondok Pesantren Al Hasanah)
  9. Linda Febriani, S.Si (Pondok Pesantren Al Hasanah)
  10. Helmi Julita, S.Pd (Pondok Pesantren Al Hasanah)
  11. Handri Aditya Giana, S.T (Pondok Pesantren Al Hasanah)

Agenda rutin tahunan ini bertujuan untuk mencetak guru dan karyawan yang bersyahadah. Setiap tahun jumlah murid TPQ QIrati Al Hasanah meningkat. Dengan bertambahnya jumlah pengajar Qiroati, maka diharapkan pembelajaran Qiroati di unit pendidikan Yayasan Al Hasanah Bengkulu dan TPQ Qiroati Al Hasanah yang diselenggarakan pada sore harinya semakin lebih baik. Aamiin

Barakallaahufiikum.