Dengan semangat fastabiqul khairat dan menyemarakkan Ramadhan 1442 H, Yayasan Al Hasanah Bengkulu kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan murokkaz Al Quran. Bertempat di Masjid Mukhlis Hasan komplek Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Hasanah 2 Betungan Kecamatan Selebar, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 1 – 3 Ramadhan 1442 H / 13 – 15 April 2020 M.

Dengan tema “Tingkatkan Khidmat di Bulan yang Penuh dengan Rahmat agar Menjadi Pribadi yang Taat serta Bermanfaat”, selain target khatam Al Quran, kegiatan ini diisi dengan motivasi Al Quran, tausiyah, ifthar jama’i dan bakti sosial melalui program “Al Hasanah Peduli” berupa pembagian sembako. Acara dibuka oleh Bapak Yusran Hasymi, M.Kep.,Ns.,Sp. Kep.MB selaku Ketua Yayasan Al Hasanah dilanjutkan dengan motivasi Al Quran di hari pertama oleh Ustadz Riki Candra. Setelah Dzuhur berjamaah, kegiatan diisi dengan tausiyah oleh Ustadz Sutrisno Eko Santoso, S.Pd dengan tema “Ramadan is Beautiful Exercise From Allah.” Pada hari berikutnya, setelah peserta Shalat Dhuha dan dzikir, Ustadz Adi Harianto memberikan motivasi Al Quran dan Ustadz Sahri Gunawan, M.Si memberikan tausiyah tentang “Menjejak Surga dengan Spirit Ramadhan.” Di hari ketiga, tausiyah diisi oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al Hasanah Bengkulu Tengah, Ustadz Irham Hasymi, Lc, M.Pd, dengan tema “Ramadhan Membentuk Integritas dan Profesionalitas.”

Peserta murokkaz sangat antusias dan khusyu’ mengikuti kegiatan ini. Terbukti rata-rata peserta mampu menuntaskan baca Al Quran sebanyak 10 juz per hari bahkan lebih. Yang tak kalah menariknya panitia memberikan reward bagi peserta dengan kategori membaca Al Quran dengan juz terbanyak, kategori kedua bagi anak-anak yang membaca Al Quran dengan juz terbanyak, kategori ketiga untuj ustadzah yang sedang udzur dengan bacaan terjemahan terbanyak dan kategori keempat peserta datang tercepat.

Selain target khatam Al Quran, panitia acara menggalang dana infak. Alhamdulillah infak terkumpul Rp 28.080.000,- yang dikonversi ke 216 paket sembako untuk kaum dhuafa. Bekerja sama dengan UPZ Al Hasanah, paket sembako tersebut diberikan kepada warga sekitar lingkungan Al Hasanah yang tersebar di beberapa titik, yaitu Pagar Dewa, Betungan dan Pondok Kelapa. Melalui program charity ini diharapkan dapat mendekatkan dan meningkatkan ukhuwah Al Hasanah dan masyarakat.

Acara murokkaz ditutup dengan do’a dan buka bersama, Maghrib berjamaah dilanjutkan dengan Isya’ dan tarawih berjamaah. Ifthar jama’i diikuti oleh seluruh guru dan karyawan beserta anggota keluarganya dari seluruh unit di bawah naungan Al Hasanah Bengkulu, yaitu TPQ, PAUD IT 1, PAUD IT 2, SDIT 1, SDIT 2, SMPI, SMAIT, MTs, MA, pondok pesantren dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

Kegiatan murokkaz ini merupakan bentuk komitmen Yayasan Al Hasanah meningkatkan ruhiyah guru dan karyawan. Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar  dan peserta disiplin melaksanakan protokol kesehatan. InsyaAllah berkah.