Di bulan lalu, sudah membahas tentang Amalan di Bulan Hijriyah – Rajab. Sekarang sudah mendekati bulan Ramdhan, kita lanjutkan ke bulan Sya’ban.

Amalan Utama di Bulan Sya’ban

Dianjurkan memperbanyak puasa di bulan Sya’ban untuk mengikuti Rasulullah SAW. Diriwayatkan dari Aisyah, ia berkata;

Rasulullah SAW biasa puasa sehingga kami menyangka beliau tidak akan berbuka, dan beliau berbuka sehingga kami menyangka beliau tidak akan puasa. Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW menyempurnakan puasa sebulan penuh, kecuali di bulan Ramadhan. Dan aku tidak pernah melihat beliau puasa dalam suatu bulan lebih banyak daripada di bulan Sya’ban.
(HR. Bukhari 2:1868)

Hikmah memperbanyak puasa di bulan Sya’ban adalah sebagaimana yang disebutkan dalam hadits dari Usamah bin Zaid p, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda:

Sya’ban (adalah bulan) antara Rajab dan Ramadhan, (yang) banyak manusia lalai darinya. Diangkat amalan para hamba (pada bulan tersebut), maka aku ingin ketika amalku diangkat aku sedang berpuasa.
(HR. Ahmad 4:1898)

Amalan yang Tidak Disunnahkan

Tidak disyari’atkan untuk melakukan shalat dan puasa Nishfu Sya’ban (pertengahan Sya’ban). Karena hadits yang menjelaskan tentang hal tersebut adalah hadits yang lemah.

Berkata Syaikh Shalih bin Fauzan:

Tidak ada hadits shahih dari Nabi SAW tentang anjuran shalat pada malam pertengahan bulan Sya’ban secara khusus dan puasa pada siang harinya secara khusus pula. Tidak ada satu pun hadits shahih dari Nabi SAW tentang hal itu yang dapat dijadikan acuan

Dilarang Puasa Pada Hari yang Diragukan

Hari yang diragukan adalah pada tanggal tiga puluh Sya’ban. Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda;

Janganlah kalian mendahului Ramadhan dengan puasa sehari atau dua hari, kecuali bagi orang yang terbiasa puasa, maka bolehlah ia berpuasa.
(HR. Bukhari 2:1815 dan Muslim 2:1082)

Dari ’Ammar bin Yasir, ia berkata:

Barang siapa berpuasa pada hari (yang diragukan) ini, maka ia telah durhaka terhadap Abul Qasim.”
(HR. Abu Dawud: 2334 dan Ibnu Majah: 1645)

Sampai sini kita sudah tau amalan di bulan Sya’ban. Semoga kita semua bisa mempelajarinya dan termotivasi melakukan amalan kebaikan tersebut. Nantikan kelanjutan serial artikel Amalan di Bulan Hijriyah selanjutnya.