Di artikel yang membahas tentang riset data website, di situ disampaikan bahwa seperempat netizen Indonesia melakukan pencarian di internet menggunakan Google. Pernahkah kamu terpikir “bagaimana ya caranya Google bisa memberikan rekomendasi ke pengunjung hanya dari kata kunci yang diketikkan?”. Mari kita bahas!
Search Engine Optimization (SEO)
Kita artikan sesuai namanya yaitu pengoptimalan mesin pencari. Artinya mengusahakan sedemikian rupa supaya website kita direkomendasikan oleh mesing pencari ketika pengunjung mencari kata kunci tertentu. Jika kamu perhatikan pernyataan sebelumnya, key points-nya adalah “rekomendasi” dan “kata kunci”, 2 hal yang menjadi penentu website kita semakin dikenal oleh mesing pencari (dan pengunjug Google).
Inti dari SEO adalah bagaimana website kita menarik, informatif, berguna, dan yang paling penting adalah muncul di halaman pencarian Google. Untuk menjadi menarik, pastinya konten relate dengan pengunjung dan tidak menipu seperti clickbait. Informatif artinya website kita berisi informasi yang relevan, anak zaman sekarang membahasakannya adalah “materinya daging”. Nah untuk muncul di halaman Google, kita harus disiplin menulis artikel-artikel dengan kata kunci yang relate dengan topik atau niche website. SEO adalah kegiatan yang melelahkan, tapi ini adalah investasi untuk menjadikan website kita bercokol di halaman pertama Google.
SEM (Search Engine Marketing)
Sama-sama ada SE alias Search Engine, apa bedanya dengan SEO? Mana yang lebih cepat membuat website kita terpampang di halaman google, SEO atau SEM?
Dan masih banyak lagi pertanyaan dari orang yang belum bisa membedakan SEM dan SEO.
Objective dari SEO dan SEM adalah sama yaitu bagaimana bisa memastikan halaman website kita dengan pencarian kata kunci tertentu bisa terpampang di halaman 1 google. Bedanya adalah SEM lebih instant karena dilakukannya dengan menggunakan iklan. Cepat karena kita semacam meminta Google untuk memajang website kita di halaman Google, dengan keyword tertentu pastinya.
SEM adalah aktivitas paling gampang, kamu hanya butuh menentukan mempunyai website, masukkan keyword sesuai ekspektasi, maka akan muncul tarifnya. Tarif di sini nominalnya berbeda-beda, tergantung tingkat kompetisi keyword, semakin banyak dipakai, maka semakin tinggi harga iklannya.
SEO adalah sebuah aktivitas investasi, apa yang kamu usahakan sekarang belum tentu akan muncul hasilnya hari ini, besok atau maksimal sebulan. SEO pelan tapi pasti bisa menjadi pionir keyword tertentu di masa depan. Sedangkan SEM, kamu set iklan, hitungan menit langsung terpampang di halaman search engine. Jadi gimana, mau yang instant atau yang solid?