Dalam perbincangan sehari-hari, di seminar atau saat pelajaran, sering kita mendapatkan informasi kualitatif yang kitapun tidak pernah tahu secara angka pastinya. Misal “Google merupakan search engine yang populer dan paling banyak digunakan di Indonesia”. Kata “populer” dan “paling banyak ini” tidak menggambarkan berapa banyak warga indonesia yang mengakses Google. Kita perlu berbasis data untuk menyimpulkannya. Similarweb adalah tools yang bisa memberikanmu data tersebut.

Data di atas diambil dari google.co.id menggunakan Similarweb. Dari data ini bisa kita lihat bahwa per bulannya google diakses sebanyak 53 juta kali. Asumsi 53 juta itu semua adalah orang Indonesia, dibandingkan dengan pengguna internet Indonesia sebanyak 204,7 juta (berdasarkan data wearesocial per Feb 2022), kita bisa menyimpulkan 25, 9% atau seperempatnya melakukan pencarian via google. Menarik bukan menganalisis data. Mari kita simak lagi apa saja yang bisa diberikan oleh Similarweb.

Di website resminya dipampang tagline-nya yaitu ”Effortlessly Analyze Your Competitive Landscape” yang menonjolkan value Similarweb sebagai tools untuk melihat data kompetitor secara mudah. Begitu mengakses home page-nya saja kita sudah disajikan data portal berita di Indonesia berikut dengan traffic kunjungannya. Untuk kamu yang sedang mencari data untuk kebutuhan riset atau sekedar ingin tahu performa brand tertentu, Similarweb jadi tools wajib yang bisa kamu gunakan.

Traffic Summary

Similarweb bisa menampilkan ranking web yang kamu cari datanya, mulai dari rank secara global, rank berdasarkan negara (lokasi disesuaikan dengan lokasi saat kita sedang mengakses) dan ranking si website berdasarkan kategorinya. Dttampilkan juga data statistik:

  • Bounce rate: nilai yang menggambarkan seberapa user-friendly website-mu, semakin rendah nilainya maka semakin baik. Bayangkan ketika kamu sebagai berkunjung ke sebuah website lalu menu, navigasi, design tidak informatif lalu kamu memutuskan untuk close tab, maka nilai bounce rate-nya akan tinggi.
  • Page per visit: Jumlah halaman yang dikunjungi setiap berkunjung ke website. Semakin tinggi angkanya maka semakin bagus yang menandakan pengunjung betah membuka-buka terus halaman di website.
  • Monthly visits: Akumulasi jumlah pengunjung website dalam 1 bulan. Angka ini fluktuatif, angka ini yang membuat daya tarik dan reputasi sebuah website tinggi.
  • Avg. visit duration: Durasi yang dihabiskan oleh pengunjung ketika mengakses sebuah website. Semakin tinggi durasinya maka semakin bagus.

Visitor Data

Untuk kamu yang mempunyai pelanggan atau pengunjung setia, dengan similarweb kamu bisa melihat persebaran pengunjungmu dari negara mana saja. Dengan berbasiskan data seperti ini akan membantu kita untuk mengembangkan website. Misal ternyata banyak diakses orang luar negeri, maka bisa dipertimbangkan untuk alih bahasa dari bahasa Indonesia menjadi bahasa inggris atau bi-lingual.

Traffic Source

Yang tak kalah penting adalah kita tahu darimana sumber atau referensi yang akhirnya membuat si pengunjung mendatangi website kita. Khusus untuk traffic source ini, ketika source “Direct” mempunya angka tertinggi menandakan bahwa brand sudah dikenal. Kriteria masuk menjadi “Direct” adalah ketika pengunjung mengakses website dengan mengetikkan langsung alamat di browser. Sampai di sini kamu jadi tahu bahwa nama yang unik, menarik, dan mudah diingat itu jadi checklist wajib.

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!