Kehamilan merupakan sebuah prosesi alamiah yang lazimnya sangat didambakan pasangan suami dan istri. Kehamilan merupakan fase yang harus dilalui untuk menghadirkan anak di dalam keluarga. Tentunya, tujuan utama dari semua itu ialah untuk melahirkan generasi penerus yang saleh dan salehah, berbakti kepada kedua orang tua, dan memiliki daya guna bagi agama dan orang-orang di sekitarnya.

Selain ahli medis dan gizi yang menyarankan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan melakukan kegiatan sehat selama kehamilan, dalam Islam perempuan yang sedang hamil juga dianjurkan membaca zikir ataupun doa yang baik untuk janin yang dikandung. Ketika hamil, perempuan sangat dianjurkan untuk lebih banyak beribadah dan berdoa agar janin yang dikandung bisa terlahir menjadi anak sholeh atau sholehah sesuai dengan dambaan para orangtua.

1. Surah Al-Fatihah

Ibnul Qayyim berkata:

“Aku pernah tinggal beberapa waktu lamanya di Makkah. Ketika itulah aku menderita beberapa penyakit, sementara aku tidak berobat ke dokter dan tidak pula menemukan obat. Maka aku mengobati diriku sendiri dengan surat Al-Fatihah. Aku melihat pengaruhnya yang menakjubkan. Aku pun menceritakan pengalamanku ini kepada orang-orang yang mengeluhkan sakitnya. Dan kebanyakan mereka sembuh dengan cepat.”

Surat pertama dalam Al Quran ini memang dikenal sangat ampuh dalam segala hal. Selain membaca surat ini saat salat, perempuan yang sedang hamil juga dapat membaca surat Al-Fatihah sebanyak tujuh kali yang kemudian ditiupkan pada bagian perut agar rasa sakit yang dialami selama masa kehamilan bisa mereda.

2. Ayat Kursi

Ayat yang diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab merupakan ayat paling mulia di dalam Alquran. Bacaan ini berisi tentang keesaan serta kekuasaan Allah yang mutlak. Di setiap ayat pada bacaan ayat kursi mengandung banyak arti dan makna tentang keutamaannya dan manfaatnya. Membaca ayat ini akan berpengaruh pada jiwa dan keimanan hidup kita. Selain itu, membaca ayat kursi bisa menjadikan amalan baik yang dapat dilakukan saat sedang hamil.Perempuan yang sedang hamil dapat membacanya dua kali saat pagi dan sore hari, juga saat selesai salat fardhu dan ketika ingin tidur. Perempuan yang sedang hamil akan merasakan ketenangan dalam hati dan tidak merasa cemas yang berlebihan.

3. Surah Al-Insyirah

Banyak amalan baik yang dianjurkan untuk dilakukan perempuan ketika sedang mengandung, kamu bisa membaca surat Al-Insyirah. sebanyak tujuh kali setiap setelah salat maghrib dan ditiupkan pada perut yang tengah mengandung tersebut. Khasiat surat ini di antaranya adalah obat dari segala macam penyakit, dan di surat tersebut Allah menegaskan bahwa akan selalu ada kemudahan setelah kesulitan. Ini bisa meyakinkan ibu hamil bahwa seberat apapun proses kehamilan yang dijalani, kelak ia akan mendapat kemudahan.