Banyak sekali orangtua yang masih bingung mau memasukan anaknya di  sekolah swasta atau sekolah negeri. Banyak sekali sekolah dasar yang berbasis agama Islam yang terbagi menjadi dua yaitu Sekolah Islam Terpadu dan madrasah. Kenapa SIT lebih populer dibandingkan dengan madrasah ya? Mungkin hal ini yang membuat orangtua bingung pilih Sekolah Islam Terpadu atau Madrasah. Agar orangtua tidak salah untuk memasukan anak ke sekolah mana, sebaiknya ketahui alasan memilih SIT untuk anak.

SIT Terdaftar Di Depdiknas

SIT baik sekolah dasar atau sekolah menengah pertama dan lanjutan berlabel Islam ini memang berada di bawah Dinas Pendidikan. Tentu kurikulum yang digunakan harus sesuai dengan kurikulum dari Diknas. Meski begitu, pihak sekolah mengembangkan kurikulum tersebut sesuai nilai atau dasar agama Islam.

Ilmu Pengetahuan Umum Dan Agama Yang Seimbang

Kelebihan SIT adalah mampu mengimplementasikan kurikulum baik umum dan agama secara seimbang. Pendidikan Agama Islam masuk dalam mata pelajaran biasa sedangkan ilmu keagamaan seperti Akidah Akhlak, Qur’an Hadist, Fiqih, Tareh dan lain-lain masuk dalam muatan lokal.

Konsep Full Day School

Untuk para orangtua yang bekerja, memilih SIT memang bisa mengatur waktu lebih baik. Anak akan mengikuti metode pembelajaran dengan konsep full day school atau Kamu akan berada di sekolah lebih lama mulai pagi hingga sore hari.

Praktik Belajar Yang Berkualitas

Sekolah Islam Terpadu menerapkan praktik belajar agama yang bagus sehingga Kamu bisa mengembangkan potensi diri lebih baik. Praktik hafalan merupakan metode pembelajaran paling favorit di SIT.

Fasilitas Yang Memadai

Biaya sekolah di SIT memang cenderung lebih mahal namun sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan. Sarana dan prasarana memadai akan mendukung prestasi Kamu lebih baik lagi.

Pada akhirnya, selain mempertimbangkan 5 alasan di atas, orangtua harus tau visi dan misi SIT tertentu untuk tidak hanya menuntaskan jenjang pendidikan tapi juga memastikan tumbuh kembang dan minat anak. Input yang bagus dan memadai akan berbanding lurus dengan hasilnya.