Pendidikan anak menjadi hal penting untuk diperhatikan orang tua. Apalagi untuk Kamu yang beragama Islam, pendidikan umum dan agama harus sama-sama diperhatikan. Jika Kamu saat ini tengah memiliki anak yang akan memasuki bangku sekolah dasar, tentu perlu mengetahui tips memilih sekolah dasar Islam yang terbaik.

Peran orang tua sangat penting dalam memilih sekolah dasar untuk anak. Apalagi sekolah dasar inilah yang nantinya akan membentuk karakter anak. Di sini, anak akan bertemu dengan guru yang memiliki cara mengajar berbeda dari sekolah sebelumnya yaitu ketika masih di bangku taman kanak-kanak.

Berikut ini 10 tips memilih sekolah dasar Islam yang bisa Kamu ikuti untuk menjadi panduan dalam memilih sekolah dasar anak:

1. Tujuan Orang Tua

Disini harus diluruskan terlebih dahulu apa tujuan orang tua dalam mendidik anak. Karena ada orang tua yang menganggap pendidikan agama tidak penting untuk dipelajari. Orang tua dengan pemikiran seperti itu biasanya memaknai kesuksesan hanya kesuksesan duniawi saja, sedangkan untuk akhiratnya tidak dipikiran sejak dini.

Sedangkan untuk orang tua yang memiliki tujuan baik sesuai dengan agama Islam, memaknai kesuksesan yaitu sukses di dunia dan juga di akhirat. Maka dari itu, mereka memilih sekolah dasar Islam untuk anak.

2. Kemampuan Orang Tua

Orang tua perlu untuk melihat seberapa cukup kemampuannya dalam mendidik anak, baik itu secara fisik maupun finansial. Jika orang tua tidak mampu secara fisik, maka tidak wajib mendidik anaknya sendiri, bisa diserahkan kepada guru. Jika orang tua tidak mampu secara finansial, tidak boleh memaksakan untuk mendidik anak di sekolah mahal.

3. Kurikulum Sekolah

Orang tua perlu memilih sekolah yang memiliki kurikulum sesuai dengan ajaran Islam. Sehingga para pelajar bisa mencintai dan mentaati Allah dan Rasul-Nya.

4. Pemilihan Guru

Guru yang baik adalah guru yang mengaplikasikan ajaran Islam dalam kegiatannya sehari-hari, selalu ingin memberikan yang terbaik kepada murid, dan saling membantu dengan orang tua murid. Kamu bisa mengecek terlebih dahulu daftar guru yang bekerja di sekolah agar anak tidak mendapatkan guru yang tidak sesuai untuk mengajarkan anak nantinya.

5. Menyesuaikan Dengan Minat dan Kemampuan Anak

Kamu bisa memilih sekolah yang sesuai dengan minat dan juga kemampuan anak. Jika anak Kamu memiliki kemampuan lebih dalam belajar, bisa mendaftarkannya pada sekolah akselerasi.

6. Fasilitas Sekolah Aman dan Nyaman

Pilihlah sekolah yang mempunyai fasilitas nyaman dan aman agar anak bisa lebih maksimal dalam belajar. Tentunya dengan adanya fasilitas yang baik di sekolah, anak akan senang dan bisa mengaplikasikan bakatnya di sekolah.

7. Ketertiban dan Kebersihan Sekolah

Sekolah yang tertib dan juga bersih bisa membuat anak menjadi lebih senang dan betah. Dengan begitu juga bisa membentuk pribadi anak yang baik, sopan, disiplin, dan menjaga kebersihan pada diri nya sendiri serta lingkungan sekitarnya.

8. Lokasi Sekolah dan Lingkungan

Pilih sekolah yang tidak begitu jauh dari rumah. Lingkungan yang bagus di sekolah juga bisa berpengaruh pada kenyamanan anak belajar di sekolah.

9. Memiliki Budaya Yang Baik

Pilih sekolah yang memiliki beragam budaya yang mendidik, seperti budaya disiplin waktu, budaya membaca, budaya akhlak mulia, dan lainnya yang bias membentuk anak yang lebih baik lagi.

10. Memiliki Banyak Ekstrakurikuler

Jika sekolah memiliki beragam ekstrakurikuler, maka anak leluasa memilih yang sesuai dengan bakat dan minatnya, dan bisa menambah ilmu nya di sekolah yang biasa nya tidak ada pada jam – jam pelajaran di kelas.

Demikian beberapa tips memilih sekolah dasar Islam yang bisa Kamu terapkan. Dengan memilih sekolah sesuai dengan ajaran Islam, maka anak bisa menjadi anak yang sholeh dan sholehah untuk kamu (orangtua) tentunya.

Kabar baiknya, SDIT Al Hasanah yang sejalan dengan Yayasan Al Hasanah Bengkulu membentuk sebuah lingkungan edukatif, kondusif, dan pelayanan optimal yang menunjang pembelajaran. Setiap siswa di SDIT Al Hasanah bisa menggunakan berbagai fasilitas dan mengikuti berbagai ekstrakurikuler yang menarik. Harapannya semua siswa dan alumni SDIT Al Hasanah tidak hanya mempunyai kualitas Pendidikan, iman, dan taqwa yang baik, tapi juga mempunyai karakter yang akan dibawa di masa depan.