Seluruh guru dan karyawan di lingkungan Yayasan Al Hasanah mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi yang diselenggarakan oleh Al Hasanah Qualita Training Center (AQUATIC) pada tanggal 21 s.d 24 Desember 2015. Pada hari pertama, in house training dilaksanakan di Hotel Latansa. Ketua AQUATIC Ust. Deri Fachri, S.Pi memberikan penjelasan terkait teknis, prosedur dan hasil yang diharapkan dari pelatihan selama 4 hari ke depan. Pelatihan ini dibuka oleh Sekretaris Eksekutif Al Hasanah yang juga menyampaikan arah dan kebijakan yayasan 5 (lima) tahun ke depan. Pelatihan ini juga dihadiri oleh pengurus komite di lingkungan Al Hasanah.

 

Hari pertama pelatihan diisi dengan dengan motivasi bagi guru dan karyawan agar lebih bersemangat lagi dalam mencari ridho Allah SWT dan memberikan pelayanan terbaik bagi siswa, orangtua, masyarakat dan seluruh stake holder yang ada. Motivasi ini dipandu oleh KH. Irham Hasymi, Lc., M.Pd selaku pimpinan Pondok Pesantren Al Hasanah dan Ust. Hermanto, S. Pd selaku Kepsek SMPI Al Hasanah.

Pada hari kedua dan ketiga, pelatihan dilanjutkan dengan membagi guru dan karyawan  menjadi beberapa kelompok pelatihan. Guru dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu kelompok pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) dan kelompok pelatihan pembelajaran berbasis ICT. Pelatihan PTK dilaksanakan di SDIT Al Hasanah. Para guru dibimbing langsung oleh Bapak Marzuki, M. Pd dari LPMP Provinsi Bengkulu, dibantu oleh Ustz. Penty Minarti, S.Pd., M.TPd dan Ibu Husni, M.Pd dari Manajemen Al Hasanah. Para guru diajarkan bagaimana membuat draft proposal penelitian yang bersumber dari masalah-masalah yang dihadapi selama proses pembelajaran.

workshop-penelitian-tindakan-kelas-ptk-yayasan-alhasanah-bengkulu

Selanjutnya, pelatihan untuk kelompok ICT dilaksanakan di SMPI Al Hasanah. Para guru dibimbing oleh Ust. Heri P Effendi, S.Sos.I yang merupakan salah satu trainer AQUATIC dan guru SDIT Al Hasanah. Para guru dibimbing bagaimana cara membuat media pembelajaran yang menarik bagi siswa dengan animasi dan powerpoint yang interaktif.

Adapun kelompok karyawan juga dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu kelompok ketatausahaan dan kelompok pelayanan prima. Pelatihan ketatausahan disampaikan oleh Ibu Irma Adespa, ST. Para karyawan khususnya staf TU diajarkan bagaimana membuat inventaris barang. Selain itu, Ibu Irma juga mereview materi workshop tentang surat menyurat yang disampaikan pada workshop bulan Juni yang lalu. Sementara itu, kelompok bendahara, cleaning service dan satpam diberi pengarahan oleh Yusran Hasymi tentang kepercayaan diri, menghargai diri sendiri, bagaimana memberikan pelayana prima dan problem solving.

diskusi-motivasi-diri-karywan-yayasan-alhasanah-bengkulu

Untuk guru-guru PAUDIT Al Hasanah, pelatihan dilaksanakan di PAUDIT Al Hasanah. Materi yang diangkat mengenai penerapan kurikulum 2013 PAUD. Pelatihan ini berkerjasama dengan Diknas Kota Bengkulu.