Alhamdulillah, TPQ Qiraati Al Hasanah Yayasan Al Hasanah Bengkulu sukses menyelenggarakan Khataman dan Imtihan Ke-1 pada tanggal 14 Februari 2016. Kegiatan ini bertempat di halaman kantor wali kota di Simpang Lima Bengkulu dan dihadiri oleh Asisten I Setda Kota Drs. H. Hilman Fuadi, MM, Ketua Yayasan Al Hasanah Drs. H. Hasymi Lain, Apt, Sekretaris Yayasan Al Hasanah Yusran Hasymi, M. Kep., Ns., Sp.Kep.MB, Koordinator Qiraati Cabang Surabaya Ustadz Mansyur, Pentashih Qiraati Cabang Surabaya Ustadz Arifin, Ustadz Nur Syamsi Koordinator Qiraati Wilayah Surabaya, utusan Qiraati Palembang, guru dan karyawan Al Hasanah, wali santri dan undangan.

Kegiatan khataman dan imtihan merupakan bentuk rasa syukur atas keberhasilan santri menyelesaikan rangkaian pembelajaran Al Qur’an sesuai standar metode Qiraati. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban guru-guru TPQ Qiraati Al Hasanah kepada wali santri yang telah mempercayakan pendidikan Al Qur’an anak-anak mereka di TPQ Al Hasanah. Peserta khataman dan imtihan yang perdana ini diikuti oleh 10 (sepuluh) orang santri.

kiraban-khataman-dan-imtihan-tpq-qiraati-alhasanah-bengkulu-2016

Kegiatan ini dimulai dengan kiraban pada pukul 07.00 WIB. Rute kiraban dari Sekretariat Manajemen Al Hasanah samping Kampus UMB III menuju kantor wali kota dengan mengitari Tugu Simpang Lima. Setelah sampai di lokasi, kesepuluh santri tersebut secara bersama-sama membaca juz 30 dengan metode Qiraati. Selanjutnya, mereka membaca tajwid dan ghorib. Ghorib adalah bacaan musykilat, yaitu bacaan yang memiliki perbedaan antara tulisan dan cara pelafalannya / pengucapannya. Santri mampu menjelaskan tajwid dan ghorib lengkap dengan contohnya secara cepat dan sempurna yang dipandu oleh Ustadzah Jeti Amisah.

Setelah sesi tajwid dan ghorib, acara dilanjutkan dengan imtihan. Imtihan merupakan sesi tanya jawab. Wali santri dan undangan menguji tiap peserta dengan memberi pertanyaan yang tersedia di dalam amplop. Amplop dipilih acak oleh penanya. Alhamdulillah, kesepuluh peserta berhasil menjawab sehingga mereka pun mendapat hadiah dari orangtua dan TPQ Qiraati Al Hasanah.

pembacaan-tajwid-dan-ghorib-imtihan-khataman-tpq-qiraati-alhasanah

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Bengkulu Ir. Patriana Sosialinda yang diwakili Asisten I Setda, menyampaikan harapan agar TPQ Qiraati Al Hasanah dapat terus berkembang, mencetak anak-anak yang pandai dan fasih membaca Al Qur’an dengan tartil. Beliau juga mendukung program-program yang dijalankan Yayasan Al Hasanah Bengkulu sebagai bagian penting dalam program peningkatan kualitas sumber daya manusiadi Kota Bengkulu.

Sebelum ditutup dengan doa, Ustadz Bunyamin dari Qiraati Pusat di Semarang yang diwakili oleh Ustadz Arifin menyerahkan secara simbolis ijazah khataman dan imtihan kepada Ustadzah Yuli Hayati, Penanggung Jawab TPQ Qiraati Al Hasanah. Kelulusan kesepuluh santri tersebut disahkan dengan SK Kelulusan Santri TPQ Al Hasanah Tahun Ajaran 1437 H / 2016 M Nomor: 011/YAH.07/II/2016, mereka adalah :

  1. Ashma’ Nabila (6 tahun)
  2. Aldethia Rindiani (16 tahun)
  3. Arrohma Tria Novera (16 tahun)
  4. Astri Amelia (16 tahun)
  5. Aulya Sofiyanti (17 tahun)
  6. Avischa Esti Wandani (16 tahun)
  7. Erika Jannah Amalia (16 tahun)
  8. Putri Rahmawati (16 tahun)
  9. Rendian (17 tahun)
  10. Noval Hilmy Fadhillah (13 tahun)

Semoga ke depan semakin baik dan semakin banyak santri yang khataman dan imtihan. Aamiin