Secara definisi, microsite adalah sebuah halaman website atau kumpulan link yang terpisah dari website asalnya. Secara teknis, microsite memiliki nama domain layaknya seperti website pada umumnya. Masih belum terbayang? Mungkin dengan gambar di bawah ini akan lebih jelas.

Familiar dengan tampilan di atas? Ya, 1 halaman yang memuat banyak link atau shortcut ke website lain itu termasuk dari microsite. Web jenis ini semakin digandrungi karena social media kenamaan Instagram hanya memperbolehkan creator menyematkan 1 link di deskripsi profilnya dan ketika membagikan link di caption atau deskripsi foto, link tersebut tidak bisa di-click. Dengan limitasi itu, jadilah banyak bermunculan microsite generator. Berikut beberapa rekomendasi microsite generator.

Linktree

Tools ini bisa dibilang paling dikenal dan populer karena kemunculannya yang paling awal dibanding lainya. Di website resminya dipampang sebanyak lebih dari 30 juta pengguna sudah menggunakan tools ini. Banyak template siap pakai, tampilan yang user friendly, dan sudah disediakan domain gratis membuat Linktres jadi favorit.

Desty

Tidak mau kalah, Desty menjadi provider lokal yang juga digandrungi pengguna di Indonesia. Tidak hanya menyematkan banyak link di satu halaman, Desty juga terintegrasi dengan payment gateway dan bisa sebagai sarana untuk menaikkan penjualan produk melalui mekanisme affiliate marketing.

Feed.link

Banyak link di satu halaman sudah biasa, fitur wajib semua microsite generator. Feed.link menyemarkan fitur lain yang menarik yaitu integrasi dengan Instagram dan TIkTok yang bisa menampilkan knoten-konten dari social media tersebut di satu halaman microsite. Ini jelas lebih menarik untuk para pengunjung karena secara visual sudah terpampang konten yang visual.

Milkshake

Di 3 tools sebelumnya mungkin kamu berpikir “wah mudah sih, tapi agak ribet ya harus buka laptop”. Pemikiran seperti itu yang ditangkap oleh tim Milkshake. Itulah kenapa mereka memajang di website utamanya tagline “Make a free Milkshake website on your phone in minutes” dan memajang shortcut untuk App Store dan Google Play. Cukup dari smartphone, kamu sudah bisa membuat microsite yang apik.

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!