Jika ditanya 5-10 tahun lalu tentang social media favorit, bisa jadi masih banyak yang menjawab Facebook. Tapi jika ditanya sekarang, kemungkinan lebih menjawab Instagram, karena memang secara data dari wearesocial.com per Februari 2022 di Indonesia, pengguna Instagram lebih banyak dari Facebook.

Masih merujuk data wearesocial.com, pengguna smartphone di Indonesia jumlahnya lebih banyak daripada laptop, perbedaannya adalah 96,0% dengan 68,7%, selisih 27,3%, silahkan dikalkan dengan populasi Indonesia. Selain harganya kebanyakan memang lebih terjangkau daripada laptop, smartphone juga lebih ringkas dengan fitur yang menyamai laptop, tapi kenapa judulnya tentang Instagram web? Apa bedanya dengan Instagram di smartphone?

Walaupun sama-sama milik perusahaan Meta (sebelumnya bernama Facebook), aplikasi Facebook dan Instagram mempunyai perbedaan saat mulai rilis. Facebook pertama dipopulerkan diakses lewat browser yang umumnya diakses dari laptop atau PC, baru selanjutnya dirilis versi mobile-nya, tapi tetap fitur di browser lebih lengkap daripada versi mobile. Terbalik dengan Instagram yang pertama kali rilis pada 6 Oktober 2010 untuk versi mobile yang bisa diakses di playstore atau app store, baru 2 tahun kemudian di November 2012 instagram versi web mulai rilis.

Jika fitur instagram web yang harus diakses dari browser itu fiturnya ga sekaya versi mobile, apa kelebihannya menggunakan instagram versi web? Bukannya malah lebih ribet? Kamu punya pertanyaan yang sama? Mari kita berikan jawabannya.

Tampilan Lebih Besar

Tampilan instagram web (instagram.com) jelas berbeda dengan versi mobile, tampilan web dirancang khusus menampilkan informasi lebih banyak, tentunya konten gambar yang biasanya kamu lihat di layar smartphone yang besarnya 5 sampai 6 inch, sekarang bisa kamu nikmatin di layar 10 inch ke atas.

Dengan tampilan lebih besar tentu lebih banyak informasi yang bisa kamu lihat. Dan ada hal yang bisa kamu lakukan di instagram web tapi tidak bisa dilakukan di instagram mobile yaitu copy teks di caption postingan orang lain. Cukup seleksi teks menggunakan mouse, copy dan paste, beres! Bisa juga dilakukan di mobile, tapi kamu perlu install aplikasi tambahan lagi, jika ada yang praktis, kenapa pakai yang ribet kan.

Simak IG Live Sambil Multi-Tasking

Jaman sekarang, banyak akun resmi, public figure, tokoh agama, brand besar atau bahkan siapapun bisa melakukan streaming di Instagram atau biasa kita kenal dengan istilah IG Live. Tentunya ga semua dari kita bisa 100% fokus mengikuti IG Live, ada beberapa dari kita ingin tetap menyiak IG Live sambil tetap berkegiatan. Dengan Instagram web, kita bisa tetap mendengarkan sambil multi-tasking mengerjakan hal lain.

Masih IG Live, buat kamu yang ingin menyimak sambil mencatat, pasti kesusahan jika menggunakan smartphone karena harus switch atau berpindah aplikasi dulu. Tapi dengan Instagram Web, kamu bisa melihat IG Live sambil membuka aplikasi catatan sekaligus. Praktis kan!

Lebih Cepat Ngetik Lebih Produktif

Nah untuk kamu yang intens di Instagram, misal kamu sering berdiskusi dengan orang lain dalam sebuah grup chat Instagram, membalas komen atau DM (Direct Message), melakukan riset konten atau sekedar mencari akun, semua kegiatan itu membutuhkan jari jemari untuk mengetik. Bayangkan kamu akan lebih cepat mengetik di keyboard QWERTY yang besar. Efeknya adalah response membalas chat atau comment kamu lebih cepat, proses riset dan pencarianpun juga lebih cepat, makin produktif!

Untuk kamu yang ingin lebih produktif mengkonsumsi konten dan optimal menggunakan aplikasi Instagram, tidak ada salahnya mencoba Instagram web. Bisa login menggunakan akses yang sama dengan versi mobile, untuk keamanannya juga sama amannya. Selamat mencoba!

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!