Untuk kamu yang suka membuat konten atau hobi multimedia, apa yang sekarang tidak bisa dibuat hanya dengan smartphone? Video bisa, bahkan dengan resolusi 4K. Foto apalagi, resolusinya sudah menyaingi kamera profesional semacam DSLR atau mirrorless. Perekaman suara, tentu bisa, mulai dari versi high definition sampai dengan live editing juga bisa.

Pernah mendengar statement “Video akan lebih bagus dan bisa dinikmati ketika audio-nya juga bagus. Sebagus apapun video jika suaranya kurang OK, orang tidak akan menikmati kontennya”? Memang benar adanya, saking pentingnya audio, tidak sedikir yang fanatik di konten audio seperti podcast dan musik. Dan perkembangan perangkat audio seperti headphone, earphone, TWS, dan lain-lain itu semua adalaha perangkat audio bukan.

Sudah tahu pentingnya audio di pembuatan konten. Sudah tahu juga bahwa smartphone kita ini juga punya kapabilitas untuk membuat audio yang ciamik. Hardware tentu jadi penentu, tapi semua ujung-ujungnya bersentuhan dengan software alias aplikasi yang kita gunakan. Rekomendasi kali ini untuk kamu yang suka merekam suara agar kualitasnya berasa profesional adalah aplikasi Dolby ON.

Tentang Dolby

Pasti sudah familiar bukan dengan “Dolby”. Ketika kita membeli smartphone, laptop, atau speaker, sering kita menemui di spesifikasinya tertulis “Dolby”. Ya, Dolby sendiri adalah perusahaan yang sejak awal berdiri pada tahun 1965 (57 tahun lalu) sampai sekarang memfokuskan pada audio: audio noise reduction, audio copmression, spatial audio dan HDR imaging. Jadi, ketika kamu mempunya gadget yang menggunakan standar Dolby, dijamin kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Tentang Dolby ON

Supaya lebih menempel dan memperluas pasar, Dolby membuat aplikasi Dolby ON yang sudah dirilis sejak 2020 lalu. Meskipun umurnya yang masih 2 tahun, aplikasi ini jelas mendapat hati bagi para penggunanya yang sudah lebih dulu mengenal Dolby dan puas dengan kualitasnya, maka tidak diragukan lagi ketika men-download Dolby ON. Secara singkat aplikasi ini memungkinkan smartphone-mu menjadi media input suara yang hasilnya nanti kualitasnya menggunakan standar Dolby.

Mungkin kamu menyangka “ini cuma aplikasi perekaman suara, sama dengan aplikasi standar lainnya”. Ya betul, Dolby ON mempunyai fungsi sebagai perekam suara, tapi ternyata aplikasi ini memberikan lebih dari itu. Mari kita lihat fitur utamanya.

Perekaman Suara & Video

Ini adalah tampilan awal ketika membuka aplikasi Dolby ON, sederhana memang, karena targetnya untuk creator pemula yang ingin mencicipi kualitas suara ala Dolby. Tidak hanya merekam suara, di aplikasi ini kita juga bisa merekam video dengan kualitas audio yang lebih bagus dari aplikasi perekam bawaan smartphone. Untuk yang suka merekam lagu atau menyanyi, aplikasi ini juga menyediakan fitur metronom untuk lebih memudahkan kamu bisa selaras dengan ketukan. Dan pastinya diberitahukan juga lokasi microphone di smartphone-mu, untuk memastikan suaramu mengarah ke microphone dengan benar.

Live Streaming

Fitur ini cukup menyita perhatian, layaknya Instagram, Facebook, YouTube, dan TikTok, hanya dari aplikasi ini kamu bisa melakukan live streaming. Ada berbagai platform yang mendukung, bayangkan kamu live streaming dengan kualitas audio standar Dolby. Layak dicoba!

Audio Editing

Bagian terpenting dari pembuatan konten adalah editing. Karena aplikasi ini utamanya adalah audio, Dolby ON membekali fitur editing tapi tetap dengan tampilan yang user-friendly. Beberapa fitur editnya:

  • Style: kamu bisa menentukan hasil rekamanmu akan bergaya apa, bisa natural, bisa yang berat, dan bisa juga yang lebih fokus ke lirik atau vocal untuk kamu yang merekam suara untuk nyanyian.
  • Noice Reduction: suara yang diambil banyak distraksi seperti suara kipas, kicauan burung, atau getaran lain. Dengan fitur ini bisa dihilangkan. Dolby App menyediakan 10 tingkat noice reduction yang akan menghilangkan suara-suara yang tidak kamu inginkan.
  • Tone: bagian yang paling seru untuk dimainkan yaitu tone. Bahkan kamu bisa menyamarkan suara asli dengan mengubah tone suara dengan 3 parameter: treble, mids, dan bass. Suaranya ingin lebih tegas dan bulat, kita bisa mainkan treble dan bass, dan seterusnya.
  • Boost: fitur ini sederhananya adalah mengatur gain atau tingkat kekerasan suara dari hasil rekaman. Dolby ON memfasilitasi level boost mulai minus 20 sampai plus 20.
  • Trim: fitur standar editing, ada baik di editing audio dan video yaitu memotong bagian tertentu dari rekaman. Sering digunakan untuk memotong bagian terbaik dari rekaman.

Lengkap bukan fiturnya, melebih aplikasi perekaman audio pada umumnya. Untuk kamu yang masih awampun juga disediakan tips dan tutorialnya untuk merekam dan edit audio yang profesional. Kapan lagi kamu membuat konten dengan kualitas audio standar Dolby hanya dari smartphone, gratis pula. Selamat bereksplorasi!

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!