Untuk kamu yang belum sempat merasakan menggunakan device BlackBerry mungkin belum familiar dengan istilah auto-text. Jika kamu termasuk yang pernah merasakan, sudah pasti fitur ini jadi fitur andalan. Ya, fitur yang membuatmu lebih efisien dalam ber-chatting, berkirim email, atau hal lain yang terkait menuliskan sesuatu.

Definition

Secara definisi, auto-text adalah bagian dari text yang sudah ada sebelumnya dan tersimpan di memori sebagai suplemen untuk text atau dokumen baru yang dilakukan secara otomatis oleh aplikasi. Jadi kita harus mendefinisikan dulu kata-kata atau kalimat tertentu secara manual sebagai perpustakaan kata untuk digunakan kembali di aktivitas berikutnya.

Benefit

Mungkin dari screenshot di atas, kamu langsung terbayang apa gunanya. Untuk kamu yang sering berkomunikasi via text seperti chatting atau email, tentu sering menggunakan istilah-istilah atau konten yang berulang. Misalkan kamu sering bertegur salam “Assalamualaikum”, atau sering ditanya alamat rumah, alamat website, social media, atau bahkan untuk kamu yang suka online shop, sering mengirim alamat pengiriman bukan? Tentu dengan jumlah karakter yang banyak, perlu waktu untuk mengetikkan satu per satu hurufnya, tapi dengan auto text, misalkan cukup dengan mengetikkan “ah” kemudian tekan tombol space, otomatis akan muncul “Al Hasanah Bengkulu”. Praktis bukan?

Auto Text vs Auto Complete

Serupa tapi tak sama, jika auto text seperti kamu tahu adalah kita mengetikkan beberapa huruf lalu ketika klik tombol button maka muncul text panjang sesuai sudah kita simpan sebelumnya, untuk auto complete lebih ke prediksi.

Dari screenshot di atas, kamu sudah kebayang ya fitur auto complete. Jika auto-text munculnya secara otomatis dan sesuai data yang sudah kita simpan sebelumnya. Berbeda dengan auto-complete yang berfungsi untuk membantu kita memilih kalimat yang berhubungan berdasarkan big data atau database aplikasi dan tidak otomatis alias kita harus tap atau click kata yang sudah diprediksi. Auto complete sudah jadi fitur wajib di beberapa social media, termasuk di search engine, ketika kita menuliskan 1 kata, maka muncul prediksi atau saran untuk kata berikutnya.

Recommendation

Sudah mulai terbayang ya bagaimana fitur auto-text akan menghemat waktu. Khusus untuk profesi atau aktivitas yang membutuhkan respon cepat dan kegiatan yang berulang seperti Customer Service (CS), tim marketing, tim sales, dan admin social media. Tapi untuk kamu yang menggunakan chatting untuk komunikasi sehari-hari tentu sangat terbantu. Tanpa menambahkan aplikasi baru sebenarnya sudah bisa dilakukan, sistem operasi di smartphone hari ini sudah mumpuni, tapi tidak banyak yang mengetahuinya. Tinggal menuju setting dan search dengan keyword “auto text” atau “text replacement”, kamu tinggal menuliskan singkatan-singkatan yang bisa digunakan berkali-kali seperti berikut:

Jika kamu tidak menemukan di Setting atau ingin mengguakan aplikasi pihak ketiga, ada beberapa rekomendasi aplikasi auto-text yang bisa kamu coba:

Selamat mencoba!

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!