Apapun spesifikasi hardware-nya, ujung-ujungnya tetap aplikasi juga yang paling sering dipakai dan lupa dengan hardware-nya, betul begitu? Ingat ketika akan membeli gadget, salah satu ritual kita adalah memilah (baca: review dan compare berbagai brand dan series) dan memilih, tapi setelah terbeli dan dipakai, sudah lupalah kita dengan hardware kita, fokus kita adalah aplikasi atau software yang bisa mendukung aktivitas kita.

Di atas semua hardware, terutama gadget, dipastikan terdapat sistem operasi sebagai tempat berjalannya aplikasi-aplikasi yang kita gunakan. Untuk laptop, yang paling kita kenal adalah Windows, MacOS, dan Linux. Untuk smartphone yang paling familiar adalah Android dan iOS. Uniknya, walaupun dengan aplikasi yang sama, tapi setiap sistem operasi itu berbeda-beda dalam mengemas aplikasinya. Seperti yang akan kita bahas: presenter overlay, fitur rilisan 5 Juni 2023 untuk sistem operasi MacOS yang merupakan fitur yang digunakan dalam aktivitas online meeting via aplikasi zoom atau google meet.

Presenter Overlay

Presenter Overlay di macOS Sonoma adalah fitur yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman presentasi pada perangkat Mac. Untuk kamu yang sering melakukan presentasi online via aplikasi Zoom atau Google Meet, look & feel profesional akan didapatkan dengan fitur ini. Apa saja manfaatnya?

  1. Organized & Well-Prepared: Dengan menampilkan catatan dan elemen penting lainnya langsung pada layar presenter, fitur ini membantu dalam mengorganisir dan menyampaikan presentasi dengan lebih efektif. Ini memungkinkan presenter untuk tetap fokus pada materi tanpa harus memecah konsentrasi untuk melihat catatan terpisah.
  2. Full Control: Presenter Overlay memberikan kontrol langsung atas presentasi yang ditampilkan, termasuk navigasi: slide, timer, dan shortcut ke alat tertentu. Ini membuat proses presentasi menjadi lebih lancar dan profesional.
  3. Information Privacy: Fitur ini memastikan informasi sensitif atau catatan pribadi yang digunakan oleh presenter tidak terlihat oleh audience.
  4. Multi-Monitor Support: Dalam pengaturan multi-monitor, Presenter Overlay memungkinkan presenter untuk memiliki tampilan yang berbeda dari apa yang dilihat audience: presenter melihat hints dari presentasi, audience melihat full-screen presentasi, ini meningkatkan fleksibilitas dan efektivitas presentasi.
  5. Additional Visual Tools: Fitur seperti penanda atau highlighter memungkinkan presenter untuk menarik perhatian audience ke poin penting atau informasi dalam slide dengan cara yang interaktif. Pengalaman yang sama seperti mengajar secara offline.

Secara inteligent, fitur ini seperti membagi 3 layer: subject/presenter, slide presentasi, background. Presenter Overlay berjalan secara seamless di bawah platform MacOS. Manfaat ini secara keseluruhan membuat Presenter Overlay menjadi alat yang sangat berguna untuk siapa saja yang sering melakukan presentasi, baik dalam konteks akademis maupun profesional. Alat ini membantu dalam menyampaikan informasi secara efektif sambil mempertahankan interaksi yang profesional dengan audience. Tertarik mencoba fitur ini?

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!