Ditetapkannya bulan Muharram sebagai bulan pertama dalam kalender Hijriyah bukanlah tanpa alasan. Di antara alasan yang ada adalah karena nilai historis yang dimiliki bulan Hijriyah. Banyak kejadian penting yang terjadi pada bulan Muharram. Baik sebelum terjadinya masa keislaman ataupun setelahnya.

Mengetahui apa saja peristiwa penting yang terjadi pada bulan Muharram bisa menjadi info menarik. Beberapa kejadian bahkan terjadi jauh sebelum Nabi Muhammad SAW diutus menjadi Nabi dan Rasulullah. Berikut ini adalah  beberapa peristiwa penting yang terjadi sebelum masa Rasulullah:

1. Taubatnya Nabi Adam

Sebagai nabi dan manusia pertama, Nabi Adam pernah melakukan kesalahan. Yaitu memakan buah dari pohon yang sudah dilarang oleh Allah. Begitu menyadari kesalahan tersebut, Nabi Adam langsung meminta ampunan kepada Allah SWT. Dan Allah pun berkenan untuk menerima taubat dari Nabi Adam tersebut.

2. Kapal Nabi Nuh Berlabuh

Sebagai hukuman atas pembangkangan kaumnya, Allah menurunkan hujan yang sangat besar selama berhari – hari. Akibat dari hujan tersebut, seluruh dataran tertutup oleh air. Sebelum Allah menurunkan hujan besar tersebut, Allah memerintahkan Nabi Nuh untuk membuat kapal yang sangat besar.

Berkat adanya kapal tersebut, kaum Nabi Nuh yang beriman kepada Allah selamat dari banjir besar yang Allah turunkan. Pada bulan Muharram, kapal Nabi Nuh tersebut berlabuh di sebuah bukit yang kabarnya bernama bukit Zuhdi.

3. Nabi Ibrahim Selamat dari Siksaan Api

Nabi Ibrahim merupakan Nabi Allah yang disiksa menggunakan api oleh raja yang berkuasa saat itu, yaitu Raja Namrud. Namun, meskipun sudah disiksa dan dibakar oleh api, Nabi Ibrahim ternyata bisa selamat dari siksaan tersebut atas kuasa Allah. Kejadian ini berlangsung pada bulan Muharram.

4. Nabi Yusuf Bebas Dari Penjara

Nabi Yusuf merupakan Nabi Allah yang dianugerahi ketampanan yang sangat luar biasa. Karena ketampanan ini, Nabi Yusuf mengalami berbagai macam ujian. Hingga akhirnya beliau difitnah dan dipenjara bertahun – tahun di penjara Mesir. Bulan Muharram merupakan bulan dimana Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara.

5. Nabi Yunus Keluar dari Perut Ikan

Setelah berdakwah selama bertahun – tahun, umat Nabi Yunus masih tidak mau mengikuti ajaran yang beliau sampaikan. Dengan rasa kecewa, beliau keluar dari negerinya sebelum turun perintah Allah untuk pergi. Dalam perjalanan, Nabi Yunus ditelan oleh ikan besar dan hidup di dalam perut ikan tersebut dalam waktu yang lama.

Selama di dalam perut ikan, Nabi Yunus terus berdoa dan berdzikir kepada Allah. Hingga pada bulan Muharram, Nabi Yunus keluar dari perut ikan tersebut. Setelah keluar dari perut ikan, Nabi Yunus kembali ke negerinya dan mendapatkan penduduk negeri tersebut telah beriman kepada Allah SWT.

6. Nabi Ayyub Sembuh dari Penyakitnya

Nabi Ayyub diuji oleh Allah dengan penyakit menahun dan juga kehilangan harta benda serta keluarganya. Setelah mengalami sakit selama puluhan tahun, akhirnya Nabi Ayyub kembali sehat atas izin Allah. Kejadian ini juga terjadi pada bulan Muharram.

7. Tenggelamnya Fir’aun

Dalam pelarian dari Fir’aun dan pasukannya, Nabi Musa dan pengikutnya menemui jalan buntu begitu sampai di tepi laut. Kemudian, Allah memerintahkan Nabi Musa mengetukkan tongkatnya ke laut sehingga laut terbelah dan Nabi Musa serta pengikutnya bisa menyeberang.

Fir’aun dan pasukannya ikut mengejar Nabi Musa. Namun, ketika pasukan tersebut sampai di tengah laut, laut yang terbelah itu kembali menyatu dan Fir’aun beserta pasukannya tenggelam. Kejadian ini juga terjadi pada bulan Muharram.

Selain itu, ada pula peristiwa penting yang terjadi pada saat masa kenabian Rasulullah dan setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Di antaranya adalah:

  1. Munculnya tekad hijrah ke Madinah
  2. Kemenangan kaum muslimin di Perang Khaibar
  3. Umar bin Khattab syahid karena dibunuh oleh Abu Lu’lu’ah
  4. Husain, cucu Rasulullah, dan keluarganya dibunuh di Karbala

Itulah beberapa peristiwa penting yang terjadi pada bulan Muharram. Semoga pengetahuan ini dapat menambah khazanah keilmuan kita tentang sirah nabawiyah.