Website menjadi medium paling ampuh bagi banyak entitas, brand, produk dan layanan sebagai etalase memperkenalkan value dan manfaatnya ke audience. Tapi pernahkah kamu mengalami pengalaman yang kurang baik ketika mengakses website dari smartphone, menemukan bahwa teksnya terlalu kecil untuk dibaca, atau harus terus-menerus menggeser layar ke kiri dan kanan untuk melihat konten secara penuh?

Ternyata tidak sedikit website yang tidak terlalu memikirkan unsur mobile-friendly sebagai checklist wajib saat pengembangan website-nya. Padahal saat ini hampir semua orang terhubung melalui smartphone, walaupun mereka mempunyai laptop atau PC, tetap saja memiliki website yang tidak mobile-friendly bukan hanya menghadirkan pengalaman yang kurang baik, tapi juga bisa menjadi bencana bagi pemilik website tersebut karena membuat audience-nya meninggalkan website-nya.

Perluas Jangkauan dengan Website yang Mobile-Friendly

Website yang mobile-friendly bukan hanya tentang memperluas jangkauan audience;tapi juga memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Mengembangkan website yang mobile-friendly artinya sebagai website owner kita sudah benar-benar sadar dan mempertimbangkan bahwa mayoritas audience di Indonesia adalah pengguna smartphone.

Mobile-friendly di sini lebih ke website yang responsif secara otomatis menyesuaikan tata letaknya untuk fitur dan ukuran layar apa pun, dari desktop yang orientasi lebar dan utamanya landscape, hingga smartphone yang ukuran layar lebih kecil dan orientasinya portrait. Mobile-friendly Ini berarti teks yang mudah dibaca, navigasi yang mudah, dan waktu muat yang cepat ketika diakses dari smartphone. Sebagai rangkuman, berikut ini alasan utama mengapa website yang mobile-friendly itu penting:

  1. Peningkatan User eXperience (UX)
    Website mobile-friendly memudahkan pengguna untuk menemukan apa yang mereka cari tanpa perlu zoom in dan out atau scroll ke sana kemari. UX yang baik meningkatkan kepuasan pengunjung, yang bisa mendorong mereka untuk melakukan action: checkout barang belanjaan, mendaftar newsletter, atau mendaftar event.
  2. Peringkat Lebih Tinggi di Search Engine
    Google menyukai website yang mobile-friendly. Sejak pembaruan algoritma Mobilegeddon di tahun 2015, Google telah memberikan prioritas kepada website yang responsif dalam hasil pencarian mobile. Ini berarti, dengan website mobile-friendly, kita tidak hanya memperbaiki pengalaman pengguna tetapi juga meningkatkan SEO website kita.
  3. Konversi Lebih Tinggi
    Website yang mudah dinavigasi dan cepat dimuat di perangkat mobile berpotensi memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi. Ini karena pengguna dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka butuhkan dan melakukkan action: melakukan pembelian atau mendaftar untuk layanan.
  4. Keunggulan Kompetitif
    Meskipun semakin banyak bisnis yang menyadari pentingnya menjadi mobile-friendly, masih ada banyak yang belum mengoptimalkan situs mereka. Ini memberi kita kesempatan untuk menonjol dan menarik lebih banyak pengunjung ke website daripada pesaing yang situsnya sulit untuk digunakan di perangkat mobile. Bahkan ada beberapa website ada yang menggunakan mobile-only design.
  5. Dukungan Multi-Perangkat
    Dengan semakin banyaknya jenis perangkat dan ukuran layar yang digunakan orang untuk mengakses internet, memiliki website yang responsif adalah checklist wajib. Website mobile-friendly dapat memastikan bahwa situswebsite terlihat selalu proporsional dan berfungsi dengan baik di semua perangkat, dari smartphone, tablet dan desktop.

Walaupun secara teknis dalam pengembangannya harus mengerjakan 2 tampilan: untuk desktop dan mobile, tapi sudah tidak ada alasan untuk tidak membuat website yang mobile-friendly. Ini bukan hanya tentang mengikuti tren; ini tentang memberikan nilai nyata kepada audience kita. Itulah kenapa ada konsep mobile first alias prioritaskan desain atau tampilan untuk pengguna mobile, baru selanjutnya untuk tampilan yang lebih besar.

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!