Live streaming atau live broadcasting sudah jadi hal yang biasa, tidak istimewa, main stream. Bagaimana tidak, setiap hari kita melihat acara live yang dulu hanya bisa dilakukan oleh stasiun televisi kenamaan, sekarang siapapun bisa melakukannya dari smartphone: live di Instagram, facebook, youtube, tiktok, zoom, dan masih banyak lagi aplikasi lain. Tapi, yakin tidak ingin menyajikan live streaming yang lebid advance yang dilakukan brand-brand ternama? Jika iya, saat yang tepat kamu mencicipi aplikasi bernama OBS.

Aplikasi ini umumnya digunakan oleh para streamer, jangan berpikir “streamer” hanya sebatas di industri game, webinarpun ketika disiarkan ke berbagai platform juga masuk sebagai live streaming. Bahkan dengan OBS kamu bisa semakin mempercantik tampilanmu ketika live streaming di social media.

Record dan Streaming

OBS memungkinkan pengguna untuk merekam dan streaming video dengan kualitas tinggi ke berbagai platform seperti Twitch, YouTube, Facebook, dan lainnya.

Multi-Source

Pengguna dapat menggabungkan beberapa sumber video, audio, dan gambar menjadi satu tampilan layar yang dapat ditampilkan dalam satu frame. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat tampilan yang menarik dan kompleks.

Visual Effect

OBS memiliki fitur untuk menambahkan efek visual seperti chroma key, warna, dan efek transisi antara sumber video.

Audio Mixing

OBS memungkinkan pengguna untuk menggabungkan beberapa sumber audio dan mengatur volume mereka. Ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan pengalaman audio yang kaya dan dinamis.

Plug-ins

OBS memiliki dukungan untuk plug-in pihak ketiga, yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan dan memperluas fitur aplikasi.

Dan yang paling disukai para penggunanya adalah karena OBS ini bersifat open-source dan 100 persen gratis. Karena sifatnya yang open source membuat banyak pihak ketiga yang mengembangkan plugin-nya. Karena 100 persen gratisnya menjadikan banyak creator dan komunitas secara loyal memberikan informasi, tutorial, dan tips trick ke pengguna lain. Itulah kenapa OBS menjadi populer dan semakin masif dibakai oleh para live streamer.

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!