Apakah kamu pernah melihat suatu iklan atau konten social media, lalu digiring ke sebuah halaman web, lalu diarahkan untuk memberikan data berupa nama dan email? Jika iya, itu adalah proses list building, sebuah aktivitas yang umum dan merupakan checklist wajib para digital marketer. Dan dalam proses mengumpulkan data-data prospek atau calon customer ini, hal yang paling lazim dilakukan adalah membuat lead magnet yang seatraktif dan semenarik mungkin yang akan menggerakkan pendatang untuk rela menukar datanya.

Secara definisi, lead magnet adalah suatu hal yang menarik yang ditawarkan oleh bisnis atau marketer sebagai insentif untuk mengumpulkan informasi kontak potensial pelanggan, seperti email atau nomor telepon. Jadi sederhananya, lead magnet adalah value yang digunakan digital marketer untuk barter dengan data prospek pelanggan. Kenapa disebut “value”, bukan “file”, karena lead magnet tidak melulu tentang free ebook, tapi bisa juga voucher, webinar invitation, dan freebies menarik lainnya.

Format

Lead magnet biasanya berupa konten digital seperti:

  • ebook
  • whitepaper
  • template/worksheet
  • video tutorial
  • infografis
  • kupon diskon
  • dan konten eksklusifyang dapat diunduh secara gratis

Itulah kenapa menu “download” pada sebuah website menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Visitor cenderung akan mengakses menut tersebut karena ingin mendapatkan value gratisan yang ditukar dengan data mereka.

End Goals

Lead magnet biasanya dirancang untuk menarik perhatian target pasar dan menunjukkan nilai yang ditawarkan oleh bisnis atau marketer yang ujung-ujungnya dapat meningkatkan konversi situs web dengan menarik pengunjung untuk mengisi formulir dan memberikan informasi kontak mereka. Tapi perlu diingat bahwa lead magnet sebisa mungkin berhubungan dengan si brang. MIsalnya, untuk entitas pendidikan, lead magnet bisa berupa contoh soal dan pembahasan. Untuk konsultan bisnis, bisa dalam bentuk template business canvas model, dan seterusnya.

List Building

Ini yang sudah disebut di pembuka artikel. Lead magnet juga dapat membantu bisnis atau marketer membangun daftar email yang lebih besar, yang dapat digunakan untuk marketing campaign. Mungkin terlihat jadul karena menggunakan email, tapi karena terbukti berjalan dengan baik, marketing campain via email masih digunakan sampai sekarang, karena setiap orang pasti punya email, tapi bisa jadi tidak semua orang punya nomor handphone. Apalagi dengan email, kita sebagai pemasar mempunyai canvas yang lebih luas dan personalized untuk menuangkan informasi ke (calon) pelanggan kita bahkan untuk target pasar yang spesifik.

Tools Afiliasi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa para affiliate marketer sangat bertumpu dengan database. Database adalah segalanya untuk mereka. Tidak heran jika sampai ada situs yang menjual lead magnet yang white label alias ada situs yang menjual lead magnet yang bisa dibeli dan diganti brandingnya sesuai keinginan kita: ganti judul, ganti logo, ganti warna, dan seterusnya. Karena membuat lead magnet yang menarik sebenarnya adalah satu skill tersendiri, untuk para pemasar yang tidak terbiasa dengan content creation jelas lebih dimudahkan jika tinggal beli dan campaign. Dengan mempunyai database unik yang semakin banyak akan berbanding lurus dengan kesuksesan pemasaran dengan teknis afiliasi.

Sebagai recap tentang lead magnet, pastikan kamu memperhatikan poin-poin berikut supaya lead magnet berkualitas:

  1. Empati dengan audience: dengan memahami apa yang mereka cari, kita dapat menciptakan lead magnet yang lebih relevan dan menarik.
  2. Format yang tepat: bisa berupa ebook, infografis, panduan, video tutorial, kupon diskon, atau konten eksklusif lainnya. Format yang tepat menghasilkan ketertarikan yang besar.
  3. Konten berkualitas: walaupun gratis, pastikan isinya tidak normatif atau kesannya menjebak, ini justru menurunkan respect dan kepercayaan pelanggan.
  4. Desain menarik: desain semenarik mungkin, banyak lead magnet yang sampai membuat mockup bahkan video teaser demi memberikan kesan eksklusif dan valuable
  5. Formulir pendaftaran yang mudah diisi: inilah ujungnya, data, siapkan formulir untuk diisi sebagai syarat download lead magnet, tapi jangan mempersulit dengan isian yang banyak, seringkat mungkin semudah mungkin.

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!