Kamu sudah membaca tentang kombinasi warna RGB dan CMYK? Jika sudah, akan lebih mudah lagi untuk kamu mempelajari tentang color wheel. Color wheel adalah sebuah tools yang digunakan untuk mengkombinasikan warna-warna yang akan diterapkan supaya seimbang dan tidak menyalahi kaidah-kaidah kombinasi warna.

Secara pengkategorian, warna dibagi menjadi 3 kelompok: primer, sekunder, dan tersier. warna-warna inilah yang terbagi dalam dalam sebuah roda warna untuk dikombinasikan. Sah-sah saja untuk menkombinasikan warna primer dengan sekunder, atau ditambah dengan tersier, atau hanya primer dan tersier. Tapi untuk memastikan warna yang dikombinasikan seimbang, ada kaidah-kaidah kombinasi warna yang perlu kamu tahu.

Complementary

Kombinasi warna paling sederhana, yaitu dengan mengambil 2 warna yang letaknya saling berseberangan. Kombinasi warna ini membentuk kontras yang tinggi, kombinasi warna yang menunjukkan warna yang lebih terang dan lebih menonjol

Analogue

Kombinasi warna yang dibentuk dari 3 warna yang letaknya berurutan atau bersebelahan. Kombinasi warna ini sering digunakan karena merupakan kombinasi warna serba guna karena bisa menghasilkan variasi warna yang sangat banyak. Tips menggunakan kombinasi warna analogue adalah pilih salah satu warna yang menjadi warna utama atau dominan, lalu pilih sisanya (2 warna lainnya yang bersebelahan) sebagai pelengkap.

Triadic

Kombinasi warna ini mirip dengan analogue yaitu terdiri dari 3 warna. Bedanya adalah pemilihan lokasi warna lainnya. Di triadic, 3 warna yang dipilh mempunyai jarak yang sama, membentuk lingkaran. Kombinasi warna ini menciptakan kombinasi warna yang tegas dan berwarna.

Tetradic

Jika Triadic adalah “Tri” alias tiga, Tetradic adalah “tetra” atau empat. Persis seperti triadic cara pengambilan warnanya dengan jarak yang sama, tapi yang diambil ini adalah 4 warna yang berbeda. Pilih 1 warna yang dominan, sisanya menjadi pelengkap atau aksen warna.

Semakin banyak warna yang digunakan, semakin kompleks dan tinggi tingkat kesulitannya. Tapi dengan 4 teknik color balancing di atas, kamu sekarang bisa memmilih kombinasi warna yang sesuai dengan kesukaanmu tapi tetap memenuhi kaidah keseimbangan warna. Untuk lebih mudah lagi mempraktekkan color wheel, ada banyak tools online yang bisa diakses secara gratis. Yang paling populer adalah Adobe Color. Selamat mengeksplorasi!

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!