Setiap mengikuti sebuah event, movement, campaign, baik yang dilakukan secara offline maupun online, para penyelenggara memberikan sentuhan-sentuhan kreatif yang menjadikan program itu menarik, sebagai identitas dan semakin banyak menarik banyak orang. Mungkin pertama kali populer digunakan saat masa pemilihan umum, banyak orang mempunyai profile picture dengan desain serupa tapi customize dengan foto masing-masing. Kadang ada juga dalam rangka milad atau anniversary sebuah perusahaan atau sekolah, kemudian semua super team menggunakan profile picture WhatsApp-nya seragam tapi dengan foto masing-masing. Jika masih penasaran namanya apa, itulah yang namanya twibbon.

Rilis 2009

Ada yang bilang “twibbon sudah usang, sudah lama”. Tidak benar dan tidak salah juga. Twibbon rilis 14 tahun silam, 1 tahun lebih tua dari Instagram yang dirilis pada 2010. Tapi aplikasi yang awal pertama dirilis sebagai proyek buatan tiga mahasiswa Inggris ini masih eksis sampai sekarang dan terkbukti ampuh sebagai campaign positive di jagat social media.

Nama Twibbon

Nama Twibbon berasal dari gabungan kata “Twitter” dan “ribbon”. Kok sudah ada twitter? Ya, twitter sendiri rilis 3 tahun lebih awal dari twibbon. Wajar tidak terlalu banyak yang tahu karena bisa dibilang twibbon ini adalah sebuah template design yang bisa kita personalized dengan foto kita. Sederhananya twibbon ini adalah image generator.

Format Twibbon

Secara bentuk, bisa dibilang twibbon itu adalah profile picture, avatar, atau sejenis karena memang dipajangnya mayoritas di medium itu. Jadi, ketika di suatu momen ada perbincangan “update dong twibbon-nya”, sudah umum akan dijawab “bagi link-nya dong”.

Digunakan Banyak Brand Besar

Di website twibbon.com, mereka membagikan statistik fantastis yaitu sudah lebih dari 200.000 campaign di seluruh dunia yang menggunakan twibbon dengan 7 juta user yang mendesain 17 juta twibbons. Bahwa sampai sekarang masih eksis, tentu sayang dilewatkan untuk kamu mencobanya. Awalnya memang platform atau tools ini juga difungsikan untuk mengumpulkan dana untuk amal dan kampanye.

Mudah dan Gratis

Twibbon memungkinkan kita untuk membuat campaign sendiri secara gratis dan mudah. Untuk kamu yang jago desain, bisa mendesain template lalu tinggal upload saja. Tapi sekarang sudah banyak template yang siap pakai. Twibbon dapat diakses melalui situs web resminya atau melalui aplikasi mobile yang tersedia di iOS dan Android. Banyak tools twibbon generator, umumnya memiliki fitur:

  1. Custom design: user dapat membuat desain untuk kampanye mereka menggunakan alat desain yang disediakan.
  2. Upload foto: user dapat mengunggah foto profil dan menambahkan stiker atau banner kampanye ke foto tersebut.
  3. Share ke Social Media: setelah custom design-nya, user dapat membagikan foto tersebut ke social media mereka untuk menunjukkan dukungan mereka.
  4. Connect with Others: sesama pengguna bisa saling terhubung yang tertarik dengan kampanye yang sama, dan melihat foto profil mereka yang telah diberi stiker atau banner kampanye.
  5. Statistic: yang menjadikan ini bukan sekedar image generator biasa adalah fungsi statistik yang memungkinkan kita melihat jumlah orang yang telah bergabung dengan kampanye dan jika kamu menggunakannya untuk donasi juga bisa melihat berapa banyak uang yang telah terkumpul.

Twibbon sebenarnya adalah brand yang sudah melebur menjadi nama sebuah format media, secara teknologi, ini adalah sebuah microsite. Sesuai yang dicantumkan di website twibbon.com: “A Twibbon campaign is your very own microsite where users can support your case, brand or organisation in a variety ways”. Value utamanya adalah “support”. Dan benar saja, sejak 2009, ratusan ribu brand termasuk brand besar seperti windows, nike, samsung, facebook, twitter, dan lainnya menggunakan twibbon ini. Untuk kamu yang ingin langsung menggunakannya, bisa mencoba langsung di twibbonize.com.

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!