Walaupun mungkin kamu bukan seorang content creator yang produktif membuat karya di Instagram, kamu mungkin bingung mengapa konten yang kamu upload sulit ditemukan oleh pengguna Instagram, bahkan setelah kamu menghabiskan waktu dan melakukan trik untuk membuatnya. Itulah mengapa penting untuk memahami algoritma Instagram dan bagaimana Instagram kini memprioritaskan konten untuk creator baru. Memang bagaimana algoritma Instagram membantu meningkatkan visibilitas konten kamu? Simak artikel ini sampai habis.
Algoritma Instagram bagi Creator Baru
Lagi-lagi alforitma yang berada di balik fitur baru. Instagram memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan, menjadikannya platform yang sangat potensial untuk memperluas jangkauan atau reach konten kita. Namun, dengan begitu banyaknya konten yang diposting setiap hari, algoritma Instagram memainkan peran penting dalam menentukan konten mana yang akan dilihat pengguna. Untuk creator baru, memahami bagaimana algoritma ini berfungsi dapat menjadi kunci untuk mendapatkan lebih banyak pengikut dan interaksi. Jangan sampai justru mendapatkan pengalaman yang kurang menarik dan beralih ke social media lain, itulah hal yang ditakutkan Instagram: kehilangan penggunanya dan menggaet creator baru dengan memprioritaskan kontennya.
Faktor Penentu Algoritma
Algoritma Instagram menggunakan berbagai faktor untuk menentukan urutan konten di feed pengguna. Faktor-faktor ini termasuk ketertarikan pengguna, hubungan dengan pengguna, dan waktu posting. Secara umum, algoritma Instagram memprioritaskan konten yang diyakini akan menarik minat pengguna dan memicu interaksi. Jadi memang pekerjaan rumahnya ada di sisi creatornya. Sekalipun kontennya bagus tapi selama tidak menarik, sama saja akan ditinggal alias di-skip. Itulah kenapa banyak content creator yang sudah punya follower yang banyak selalu memberikan wanti-wanti “3 detik di awal konten sangat penting untuk menentukan apakah audience akan skip atau tetap menikmati konten kita sampai akhir”. Sudah menjadi hal yang di luar kesadaran kita untuk skip konten yang tidak kita minati, ini terjadi karena sudah sangat membludaknya konten di social media.
Tips untuk Mengoptimalkan Konten
Membuat konten itu gampang-gampang susah. Gampangnya karena kita bisa membuat konten yang dekat dan relevan dengan kita. Susahnya, memvisualkan sebuah konten dengan segala copywriting dan printilan desain komunikasi visual yang kompleks. Punya premis tidak cukup jika tidak bisa editing bukan? Kecuali kamu sudah punya tim yang profesional atau berbagi tugas dengan komunitasmu. Kembali lagi tentang visibilitas konten atau perluasan jangkauan konten di social media, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan sekarang:
- Gunakan kata kunci yang relevan dalam deskripsi dan caption konten kamu untuk membantu algoritma Instagram memahami konten kamu. Kesannya mirip dengan SEO di artikel web, tapi memang seperti itu sekarang di social media, karena tidak dipungkiri, kita kadang tanpa sadar searching sesuatu yang baru di social media, jarang melakukannya di search engine seperti google.
- Posting secara konsisten dan pada waktu yang tepat untuk meningkatkan kesempatan konten kamu dilihat. Hal klasik dan klise tapi sering dilewatkan. Kadang kita lebih suka publikasi konten sesukanya, sesuai mood saja dan cenderung tidak melihat timing. Padahal kita bisa tahu kapan-kapan saja audience kita sedang aktif mengakses social media bukan?
- Gunakan fitur-fitur baru seperti Instagram Reels dan Stories untuk meningkatkan visibilitas konten. Secara format, vertical konten khususnya video di Reels dan Stories menjadi andalan. Lebih mudah diakses tanpa harus membalik smartphone dan lebih mudah berbagi konten cukup dengan swipe atau scroll dengna jempol.
Untuk memahami apakah strategi pendistribusian kontenmu efektif, penting untuk terus memantau kinerja postingan. Perhatikan jumlah like, komentar, dan share, serta pertumbuhan jumlah pengikut kamu. Itu adalah clue profil audience-mu dan datanya bisa kamu manfaatkan untuk refine konten selanjutnya. Dan dengan memahami algoritma Instagram dan menerapkan tips-tips yang sudah dibagikan, kamu dapat meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan akun Instagram kamu yang pada akhirnya berbanding lurus dengan jumlah follower dan engagement dengan audience.