Kemungkinan besar kamu adalah pengguna Google sejati, mencari informasi lewat google.com, berkirim email menggunakan gmail, menyimpan data di google drive, sampai smartphone-pun menggunakan android, betul tidak tebakannya? Kalo iya, berarti kamu belum sebegitunya menjadi penggemar google, karena jika dilihat dari website google yang memajang semua product-nya setidaknya ada 70 produk di bawah ini.

Bagaimana? Banyak ya ternyata produk google berupa aplikasi-aplikasi yang jika kita optimalkan pastinya bisa membantu kita makin produktif, bikin handphone kita makin smart, dan terlebih hampir semua bisa digunakan secara cuma-cuma.

Jika kamu sadar ketika mengakses akun gmail, di bagian pojok kanan atas terdapat icon titik-titik di sebelah profile picture yang jika di-klik maka akan memunculkan produk google lainnya.

Dari sekian banyak produk Google di atas, tidak semuanya diinisiasi oleh Google alias produk tersebut adalah hasil akuisisi atau dibeli. Produk yang populer dan hasil akuisisi itu adalah

Android

Rasanya sangat sedikit orang yang tidak tahu Android, bahkan yang bukan penggunanya pasti sudah tahu. Tapi tidak semua tahu bawa Google mengakuisisi sistem operasi yang paling masif berkembang ini pada 17 Agustus 2005. Keputusan yang tepat saat itu Google berinvestasi pada sistem operasi yang akan terus melambungkan dan bersumbangsih besar untuk perusahaan ini.

YouTube

Kamu pasti juga belum tahu ya bahwa aplikasi konten video ini diakuisi oleh Google sejak 16 tahun lalu tepatnya pada November 2006. Sejak saat itu YouTube resmi milik Google dan sampai sekarang menjadi aplikasi wajib yang terpasang di hampir semua smartphone di seluruh dunia.

Waze

Sempat menjadi kompetitor Google Map, akhirnya pada 2013 Google melakukan akad untuk mengakuisisi aplikasi map bernama Waze. Walaupun sama-sama map, waze menjadi daya tarik karena bentuk dan pengalaman menggunakannya lebih seperti menggunakan social media. Kita bisa saling berkomunikasi dan berbagi kondisi terkini dari kondisi jalan. Bahkan kamu yang suka berpetualang, kamu bisa memberitahu waze jalan tikut, gang sempit, atau jalan baru yang bisa digunakan.

Blogger

Jika kamu pernah mendengar WordPress, Blogger ini adalah kompetitornya. Aplikasi berbagi informasi dalam bentuk bog atau artikel ini diakuisisi Google pada 2002. Sama seperti dengan aplikasi Google kebanyakan, Blogger bersifat gratis. Kamu yang fanatik dengan google dan inign membuat sebuah website dengan konten blog, wajib mencoba blogger.

Picasa

Siapa tidak punya galeri foto, Picasa adalah aplikasi manajemen foto dengan fitur editing yang lumayan bagus. Kompetitor kuat dari flickr besutan Microsoft yang punya fitur sama. Sama dengan blogger, picasa diakuisisi google pada tahun 2002. Seiring berjalan waktu akhirnya Google lebih memilih memfokuskan aplikasi manajemen fotonya melebur menjadi 1 yaitu Google Photos.

Sebenarnya masih banyak aplikasi atau software besutan google, baik yang dikembangkan sendiri atau akuisisi. Google bisa menjelma menjadi raksasa teknologi juga salah satu langkah besarnya dengan mengakuisisi banyak perusahaan yang membangun aplikasi hebat. Bagaimana, masih banyak yang teryata belum di-explore aplikasi google ya, selamat bereksplorasi!

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!