Masih banyak pengguna smart gadget yang belum menggunakan voice command. Mulai dari dukungan bahasa, kompleksitas perintah yang diminta, sampai dengan responsivitas menggunakan voice command yang masih rendah. Tapi tenang, semakin canggih teknologi, terutama semakin maraknya AI atau Artificial Intelligence, fitur voice command bukan hanya menargetkan orang yang berkebutuhan khusus, tapi lebih ke siapa saja yang mengingikan kepraktisan dalam kegiatan komputasinya.

Di jaman sekarang, memang voice command bisa apa saja? Masih sebatas membuka aplikasi saja? Tentu tidak, berikut daftar yang bisa dilakukan voice command.

Play Music

Jangan bayangkan voice command hanya memutar musik selayaknya kita menekan tombol play, lebih dari itu, kita bisa meminta memalalui voice command untuk memainkan lagu dengan judul tertentu. Lebih kompleks lagi, jika kamu mempunyai sebuah playlist lagu di sebuah aplikasi, kamu juga bisa meminta voice command untuk memainkan playlist lagu tersebut.

Shopping List

Untuk kamu pengguna voice command Alexa, mungkin tidak asing lagi dengan fitur untuk shopping list. Karena memang Alexa adalah voice command atau assistant besutan Amazon yang langsung terhubung dengan e-commerce mereka. Cukup dengan voice command, seluruh kebutuhan rumah, dapur, kantor sudah masuk ke keranjang belanja.

Organize Smart Home/Office

Sekarang sudah marak penggunaan IOT (Internet of Things) yang diimplementasikan di smart home atau office. Sekarang mulai dari lampu, colokan listrik, kulkas, monitor, tv, dispenser, rice cooker, oven, dan masih banyak lagi. Dengan voice command yang sudah terhubung dengan perangkat smart home atau office, sekali perintah, semua alat bisa langsung berfungsi, sangat praktis.

Timers & Productivity

Sudah bukan hal baru untuk satu ini. Cukup dengan voice command, kamu bisa membuat to do list, membuat alarm untuk mengingatkan kamu pada event tertentu, atau juga secara otomatis menelpon kontak tertentu yang sudah dijanjikan sebelumnya. Dengan voice command yang terhubung dengan perangkat smart gadget kamu, semua aktivitas menjadi lebih presisi.

Drive Hands-Free

Buat kamu yang mempunyai mobilitas tinggi, voice command membantumu mencari suatu tempat, meminta rekomendasi, dan hal-hal lain terkait maps di smart gadget kamu. Misalkan meminta informasi lokasi masjid terdekat, berapa lama sampai di tujuan, sampai meminta informasi apakah ada kemacetan selama perjalanan.

News

Jaman sekarang, informasi semakin personalized alias semakin dirancang sedemikian rupa didesain untuk kita sendiri. Dengan voice comand kita bisa meminta informasi berita yang relevan dengan kebiasaan kita mengkonsumsi informasi, sampai dengan informasi cuaca dan kemacetan lalu lintas.

Dan masih banyak lagi fitur-fitur yang bisa kita nikmati hanya melalui voice command. Sekarang kita harus tahu, voice command yang main stream atau sering digunakan di banyak perangkat gadget kita.

Dilihat dari yang paling tua adalah Apple Siri, kamu bisa menggunakan voice command atau assistant ini di semua perangkat apple. Selanjutnya Google Now yang sekarang lebih dikenal dengan Google Assistant. Kamu pengguna Android? Bisa menggunakan Google Assistant, tapi kamu pengguna perangkat Apple juga tetap bisa menggunakannya. Microsoft cortana bisa kamu nikmati ketika menggunakan Microsoft Windows. Jadi, kenapa tidak menggunakan voice assistant jika memang bisa memudahkan kegiatan kita?

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!