Tidak terasa sudah 10 tahun Canva terpasang di perangkat kita sejak dirilis pada 2013 silam. Walaupun tidak sedikit yang bahkan baru tahu aplikasi multi-purpose yang membantu para creator ini belakangan. Untuk insan kreatif, perubahan, suasana baru, UX (User Experience) yang bagus jelas menjadi keharusan. Perusahaan kenamaan Adobe menangkap fenomena itu dan pada Juli 2022 merilis aplikasi yang menjadi kompetitor kuat Canva: Adobe Express.

Adobe Express adalah salah satu aplikasi pengeditan foto yang populer yang dikembangkan oleh Adobe Systems. Aplikasi ini tersedia di platform mobile seperti Android dan iOS. Adobe Express menyediakan berbagai fitur pengeditan foto seperti cropping, adjusting brightness and contrast, adding filters, dan lainnya.

Adobe Cloud

Menjadi pertama dijelaskan karena bukan rahasia lagi jika Adobe sudah merilis produk, pasti ujung-ujungnya ekosistem. Dalam hal ini Adobe Express juga memiliki integrasi dengan berbagai layanan Adobe lainnya, seperti Adobe Creative Cloud, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengakses foto mereka dari berbagai perangkat.

Non-Destructive Photo Editing

Salah satu fitur unggulan dari Adobe Express adalah kemampuan untuk melakukan pengeditan foto secara non-destruktif. Artinya, ketika meng-edit foto menggunakan Adobe Express, file aslinya tetap terjaga dan tidak akan berubaht.

Quick Editing

Secara keseluruhan, Adobe Express adalah pilihan yang baik bagi mereka yang ingin melakukan pengeditan foto cepat dan mudah menggunakan smartphone yang terintegrasi via cloud. Ini sangat bermanfaat untuk kamu yang sebelumnya sudah menggunakan aplikasi Adobe lainnya seperti Adobe Lightroom atau Adobe Photoshop.

Meskipun keduanya adalah aplikasi yang berbeda, ada beberapa fitur di Adobe Express yang mirip dengan fitur yang tersedia di Canva:

  1. Color Setting: Adobe Express dan Canva sama-sama memiliki alat untuk mengubah warna dan keseimbangan warna di foto atau desain grafis.
  2. Fonts: keduanya juga memiliki alat untuk menambahkan teks ke gambar atau desain, serta memilih dari berbagai font yang tersedia.
  3. Effects: Baik Adobe Express dan Canva juga menyediakan berbagai efek yang dapat digunakan untuk memperindah gambar atau desain.
  4. Resizing: Keduanya juga memungkinkan pengguna untuk memotong atau mengubah ukuran gambar atau desain.

Meskipun Adobe Express memiliki banyak kelebihan, ada juga beberapa kelemahan. Salah satunya adalah banyak fitur yang hanya tersedia di versi berbayar, sedangkan canva cukup banyak asset yang bisa diakses dalam mode gratis. Dan yang pasti, untuk pengguna Canva yang sudah bertahun-tahun menggunakannya, mau tidak mau harus membiasakan dengan antarmuka Adobe, ini mungkin membutuhkan waktu untuk mempelajari cara menggunakan aplikasi keselluruhan.

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!