Sekarang sudah di penghujung tahun 2022, artinya sudah 14 tahun sejak Android dirilis pertama kali (23 September 2008), dan 15 tahun sejak rilis iOS pertama kali (Juni 2007). Kamu menikmati smartphone sejak tahun berapa?

Dengan rentang waktu yang cukup lama, perkembangan software berbanding lurus dengan hardware. Dan hardware yang paling sering kita pegang, paling sering kita gunakan untuk berinteraksi adalah smartphone. Untuk kamu yang ingin smartphone-nya tetap relevan dengan perkembangan digital di masa depan, berikut ini 10 fitur yang perlu kamu tahu dan jika ingin memperbarui smartphone, pastikan fitur ini ada.

NFC (Near-Field Communication)

Fitur ini ada untuk kecepatan, kenyamanan sekaligus kemanan. Paling sering sekarang digunakan untuk melakukan top-up e-money, beberapa tempat sudah mengakomodir untuk transaksi. Ke depan, cukup dengan handphone, transaksi fisik layaknya e-money bisa langsung dilakukan dari smartphone.

Fast Charging 4000mAh Battery

Kapasitas baterai yang besar harus dikompensasi dengan pengisian daya yang cepat. Untuk mendapatkan performa terbaik, sudah sewajarnya memakan daya yang tinggi, seperti mobil sport yang juga membutuhkan bahan bakar yang banyak juga. 4000mAh menjadi standar minimal kapasitas baterai.

Wireless Charge

Masih berhubungan dengan baterai, tapi ini khusus terkait bagaimana pengisian daya. Di bandara, hotel, bahkan di perangkat powerbank sudah banyak yang mendukung wireless charge. Mungkin fitur ini masih bersifat nice-to-have, tapi ke depannya, smartphone dengan fitur wireless charge akan menjadi unique selling point.

5G

Tidak perlu dijelaskan terlalu panjang tentang ini, yang jelas kecepatan internet akan membuka peluang dan perubahan yang sangat signifikan. Kebiasaan download akan terganti dengan streaming, penyimpanan berbasis cloud juga akan semakin populer, semua karena kecepatan internet yang sangat cepat.

Always-On Display

Ketika kita tidak menggunakan smartphone kita alias idle dan fokus ke aktivitas kita, terkadang kita perlu mengaktifkan layar hanya untuk mengecek notifikasi penting. Tapi dengan layar yang sudah mendukung always-on-display, tidak perlu lagi sering mengaktifkan layar.

Tidak perlu menunggu fitur-fitur di atas, karena sudah ada beberapa smartphone yang sudah mengadopsinya. Smartphone-mu sudah ada fitur-fitur di ataskah? SImak 5 future-proof fitur lainnya di part-2.

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!