Dalam rangka merealisasikan visi dari SMP Islam (SMPI) Al-Hasanah yang berwawasan global, sekolah merancang berbagai program penunjang diantaranya sosial project dan studi banding.

Studi banding dilaksanakan ketiga kota, yaitu Jakarta sebagai ibukota Indonesia, Singapura sebagai negara 3 negara besar prestasi pendidikan terbaik dunia dan contoh yang baik untuk aplikasi kedisplinan, serta Malaysia dengan negara dominasi muslim yang mengutamakan pendidikan.

Peserta terdiri dari para siswa Aisyah berjumlah 22 orang dan Asyuja berjumlah 14 orang dengan guru pendamping 1 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Para peserta dan pendamping SMPI Al-Hasanah berangkat dari tanggal 17-22 Mei 2014.

Selama study tour tersebut, mereka mengunjungi:

  1. Sekolah Internasional Islam At-Tamimi Malaysia
  2. Kedubes RI di Malaysia
  3. Tempat bersejarah, Istana Merdeka, Petronas, Rumah Merah, Marlion
  4. Berinteraksi dengan warga setempat
  5. Menyelesaikan work sheet yang disiapkan guru bidang studi
  6. Universal studio, Sentosa, Gondola, Jungle Land
  7. Mengikuti games dan pendidikan yang bersertifikat

Alhamdulillah pelaksaan study tour berjalan cukup baik. Siswa sangat merasakan manfaatnya. Mereka dapat mengaplikasikan kemampuan berbahasa Inggris melalui komunikasi aktif baik dengan siswa sekolah yang dikunjungi maupun masyarakat lokal dan interlokal di negara kunjungan.

Kegiatan study tour ini insyaAllah akan diadakan kembali pada tahun 2015. Jika tahun 2014 mengunjungi sekolah di Malaysia, untuk tahun 2015 direncanakan akan mengunjungi sekolah di Singapura.