Microsoft Windows sudah menjadi top of mind para pengguna gadget dari jaman kolonial alias jaman komputer awal-awal dipopulerkan sampai dengan sekarang. Karena memang lebih dari 2/3 pengguna komputer desktop menggunakan perangkat dengan sistem operasi besutan Microsoft ini: Microsoft Windows. Dan yang menjadi pembicaraan hangat di kalangan pecinta teknologi adalah bakal rilisnya Windows 12. Simak untuk mengetahui lebih lanjut!

Kompatibilitas Microsoft Windows 12

Microsoft Windows 12 adalah sistem operasi terbaru yang diluncurkan oleh Microsoft. Sebagai penerus Windows 11, Windows 12 hadir dengan berbagai fitur canggih dan peningkatan yang akan mengubah pengalaman pengguna secara drastis. Sudah bukan rahasia lagi di Windows, aplikasi-aplikasi di dalamnya mempunyai kompatiblitas yang bagus ketika berpindah atau upgrade versinya. Terlebih aplikasi yang populer yang sering kita gunakan, sudah pasti tidak perlu khawatir bisa mencicipi Windows 12 dengan tetap bisa menjalankan aplikasi kita seperti biasanya.

Penampilan yang Lebih Modern

Walaupun belum dirilis resmi dan di-showcase untuk UI (User Interface) versi detail untuk Windows 12 ini, tapi sudah banyak beberapa screenshot atau teaser tampilan Windows 12 yang berseliweran. Ada yang mengatakan UI atau antarmukanya lebih modern dan menarik, ada juga yang mengatakan “mulai mirip dengan MacOS”. Apapun opini netizen, yang jelas Windoes 12 ini dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Dengan desain yang lebih clean dan minimalis, sampai saatnya nanti, kita lihat apakah sesignifikan itu ubahan tampilan Windows 12.

Performa Lebih Cepat dan Efisien

Sebuah gadget, sebuah perangkat, sebuah komputer sudah pasti adalah gabungan dari hardware dan software. Jika di hardware, processor adalah otak atau intinya, sedangkan di software, sistem operasi adalah otaknya. Karena tanpa sistem operasi, aplikasi tidak akan bisa dipasang atau di-install, perlu ada sebuah sistem operasi yang bisa menjalankan berbagai instruksi termasuk aplikasi. Di Windows 12 ini telah dioptimalkan untuk memberikan performa yang lebih cepat dan efisien. Dengan penggunaan sumber daya yang lebih efisien, Windows 12 akan memberikan respons yang lebih cepat dan lancar, bahkan saat menjalankan aplikasi yang berat sekalipun. Penasaran ingin mencoba menjalankan aplikasi grafis dan memainkan games dengan level grafis tertinggi.

Fitur-fitur Inovatif

Sudah tahu highlight singkat tentang Windows 12, sekarang dibuat semakin penasaran, apakah sama-sama saja dengan Windows 11, 10, 8 dan versi sebelumnya. Mana sisi fitur-fitur mumpuni yang layak disebut baru dan inovatif? Sepertinya pernyataan skeptis seperti itu sudah diketahui oleh Microsoft dan menjadikannya sebagai insight untuk membuat sistem operasi yang bisa membuat hidup kita lebih mudah dengan fitur-fitur terbaru yang memberikan pengalaman terbaik:

  • Antarmuka atau UI (User Interface) yang lebih modern dan menarik, tidak sabar apakah desain lama yang boxy akan dipertahankan atau sudah open minded mengeksplor desain yang fresh.
  • Performa yang lebih cepat dan efisien, dengan atau tanpa spesifikasi yang top-notch, Windows 12 akan bekerja lebih ringan dan efisien. Jika benar, jelas menjadi pesaing kuat dari Google Chrome OS.
  • Integrasi dengan Microsoft 365 yang menjadi standard baru Microsoft Office. Karena disebut integrasi, Microsoft 365 ini juga tersedia secara native di Google Play dan AppStore.
  • Windows Store yang diperbarui, ini jelas yang paling ditunggu-tunggu, karena kapan lagi raksasa software Microsoft mempunyai marketplace aplikasi muncul sebagai underdog mengintai Google Play dan AppStore yang lebih dulu berjaya dengan miliaran download aplikasi di dalamnya.
  • Peningkatan keamanan yang lebih baik. Fitur yang sering diabaikan, tidak dilihat dengan detail, tapi ketika terjadi hal yang kurang mengenakkan dengan keamanan perangkat kita, kita yang langsung kebakaran jenggot. Keamanan jadi hal utama dan dipastikan improve dari versi sebelumnya.

Dari segi performa, tampilan, dan fitur, Microsoft Windows 12 menawarkan banyak hal yang menarik khususnya bagi generasi milenial. Jadi, jika perangkatmu kompatibel dan mendapat update dari Microsoft untuk upgrade Windows 12, tidak ada salahnya untuk segera meng-upgrade sistem operasimu ke Windows 12 dan rasakan sendiri perbedaannya!

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!